Penulis Utama : Triyanto Setyo Prabowo
NIM / NIP : S351502046
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pertanggung jawaban calon notaris dalam melaksanakan kegiatan magang dalam menjaga kerahasiaan akta. Berdasarkan ketentuan penambahan pasal 16 A Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris, dinyatakan calon notaris magang disamakan dengan notaris yaitu berkewajiban bertanggung jawab menjaga kerahasiaan atas akta yang dibuatnya. 
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif. Sifat penelitian ini preskriptif dengan analisa deduktif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan guna mendapatkan landasan teoritis yang berhubungan dengan pembahasan.
Hasil penelitian bahwa redaksi pasal 16 A Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang jabatan Notaris yang seharusnya berkewajiban menjaga kerahasiaan segala sesuatu terkait dengan akta yang dibuatnya adalah notaris, bukan calon notaris magang. Perlu adanya ketentuan tersendiri yang mengatur calon notaris magang. 
Saran kepada INI : untuk mengusulkan kepada DPR agar pasal 16 A Undang-Undang 2 tahun 2014 untuk dirubah dan harus berpedoman pada, Pasal 5 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, menjelaskan bahwa dalam membentuk Peraturan Perundang-undangan harus dilakukan berdasarkan pada asas Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang baik.

 

×
Penulis Utama : Triyanto Setyo Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351502046
Tahun : 2017
Judul : Tanggung Jawab Calon Notaris yang Sedang Magang Terhadap Kerahasiaan Akta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Kenotariatan-S351502046-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Burhanudin Harahap, SH., MH.,MSI.,Ph.D.
2. Dr. Muhammad Irnawan Darori., SH., M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.