Penulis Utama : Fenny Tri Ariyani
NIM / NIP : I8316021
×

Nasi  instan  merupakan  beras  yang  telah  mengalami  pemasakan  awal
(precooking) dan dikeringkan sehingga menjadi nasi cepat saji (quick cooking rice). Tujuan penelitian ini adalah membuat nasi cepat saji (instan) dengan nilai indeks glikemik rendah dan mengetahui kelayakannya untuk dapat dikonsumsi oleh penderita Diabetes Miletus (DM). Bahan baku yang digunakan adalah beras putih varietas Ciherang yang memiliki nilai indeks glikemik sebesar 54. Metode pengolahan  yang digunakan dalam pembuatan nasi instan ini adalah rendam– masak–bekukan–keringkan  yang dikombinasi dengan penggunaan bahan kimia.
Beras direndam dengan larutan Na-sitrat 7%. Rasio beras dengan larutan perendam adalah 1 : 2. Perendaman dilakukan dengan pemanasan pada suhu 50oC selama 2 jam. Setelah itu beras dicuci hingga pH 7. Kemudian beras dimasak menggunakan ricecooker, dengan rasio beras : air sebesar 1 : 2. Nasi yang telah matang dibekukan didalam freezer pada suhu -4oC selama 24 jam. Nasi yang telah beku dicairkan dengan proses thawing menggunakan air pada suhu 60oC. Thawing dilakukan hingga nasi menjadi terpisah-pisah (kepyar). Nasi ditata pada loyang yang dilapisi alumunium foil kemudian dioven pada suhu 70oC selama 4 – 5 jam. Setelah nasi kering, nasi instan siap diseduh (rehidrasi) menggunakan air mendidih.
Waktu rehidrasi nasi instan dengan indeks glikemik rendah mencapai 5,49 menit. Hasil uji indeks glikemik menunjukkan nilai indeks glikemik nasi instan sebesar 51,69. Nilai indeks glikemik tersebut masuk dalam rentang makanan dengan nilai Indeks Glikemik (IG) rendah, sehingga nasi instan ini dapat dikonsumsi oleh penderita DM. Hasil uji organoleptik menunjukkan kecenderungan nilai rata – rata diatas 3 (baik) dari angka 1 – 4 (1 =  kurang; 2 = cukup; 3 = baik; 4 = sangat baik). Pengujian waktu simpan yang dilakukan selama
3 bulan menunjukkan kondisi nasi instan kering masih bagus dan layak untuk dikonsumsi. Selain itu dilakukan uji nutrisi untuk mengetahui kandungan nutrisi dari nasi instan yang telah diproduksi.


Kata kunci : Nasi Instan, Waktu Rehidrasi, Indeks Glikemik, Diabetes Miletus
(DM), Waktu Simpan dan  Kandungan Nutrisi

×
Penulis Utama : Fenny Tri Ariyani
Penulis Tambahan : 1. Ida Maya Sari
NIM / NIP : I8316021
Tahun : 2019
Judul : Pembuatan nasi instan dengan indeks glikemik rendah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Kimia-I8316021-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Joko Waluyo, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.