Penulis Utama : Cholidahanum Wieddar Syahriar
NIM / NIP : K3112015
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik cinema therapy untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Wikarya tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol . Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran yang memiliki efikasi diri rendah berjumlah 9 orang pada masing-masing kelompok, sehingga jumlah keseluruhan subjek penelitian ini adalah 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket efikasi diri. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U dengan bantuan SPSS 21. Berdasarkan analisis menggunakan uji Mann Whitney U diketahui nilai Z hitung  sebesar -3,499 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Angka signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest pada subjek penelitian setelah diberikan treatment berupa bimbingan kelompok teknik cinema therapy.
Simpulan dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik cinema therapy efektif untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik kelas XI Adiministrasi Perkantoran SMK  Wikarya tahun ajaran 2016/2017.
Kata kunci : bimbingan kelompok, cinema therapy, efikasi diri

 

×
Penulis Utama : Cholidahanum Wieddar Syahriar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112015
Tahun : 2019
Judul : Bimbingan Kelompok Teknik Cinema Therapy untuk Meningkatkan Efikasi Diri Peserta Didik Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bimbingan dan Konseling-K3112015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wardatul Djannah, M.Pd
2. Ulya Makhmudah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.