Penulis Utama : Endah Fatmawati
NIM / NIP : K3112024
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling realitas untuk meningkatkan penerimaan diri peserta didik broken home kelas VIII di SMP Negeri 1 Jaten. Penelitian menggunakan desain penelitian eksperimen jenis eksperimen kasus tunggal atau single case eksperimental designs dengan desain A-B. Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian ini meliputi dua criteria keadaan broken home pada peserta didik, yaitu : orang tua sudah bercerai, dan salah satu orang tua meninggal dunia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Teknik analisis yang digunakan ada dua macam yaitu analisis statistik dengan menggunakan presentase peningkatan, dan analisis klinis dengan menggunakan evaluasi subjek dari validasi sosial. Hasil dari analisis statistik pada kedua subjek penelitian adalah 52,20% dan 58,33%. Hal tersebut berarti treatment yang dilaksanakan efektif digunakan untuk meningkatkan perilaku penerimaan diri individu. Sedangkan pada hasil analisis klinis menyatakan ada perubahan pada penerimaan diri subjek penelitian lebih baik dari sebelumnya.
Simpulan dari penelitian ini adalah konseling realitas efektif digunakan untuk meningkatkan penerimaan diri peserta didik broken home SMP. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada pihak sekolah untuk memberikan perhatian lebih baik pada peserta didik broken home. Guru BK diharapkan mampu memfasilitasi konseling untuk peserta didik broken home lain untuk meningkatkan penerimaan diri dan berdampak positif pada pencapaian prestasi. Kepada peneliti lain, hasil penelitian dapat dijadikan acuan dalam melakukan penelitian sejenis dan diharapkan penelitian ini memberikan wawasan mengenai konseling untuk peserta didik broken home SMP.

Kata kunci : penerimaan diri, peserta didik broken home, konseling realitas

 

×
Penulis Utama : Endah Fatmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112024
Tahun : 2019
Judul : Efektivitas Konseling Realitas untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Peserta Didik Broken Home Kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bimbingan dan Konseling-K3112024-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Asrowi, M.Pd.
2. Ulya Mahmudah, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.