Penulis Utama : Dwiantinia Aisyah Arisuwandi
NIM / NIP : F3614042
×

Penelitian ini disusun seiring dengan berkembangnya tingkat kinerja suatu bank milik pemerintah, dimana tingkat kinerja merupakan salah satu alat pengontrol kelangsungan hidup suatu bank. Dari laporan keuangan tersebut, maka dapat  diketahui tingkat kesehatan suatu bank. Adapun kategori yang digunakan dalam penilaian kesehatan adalah Sangat Sehat, Sehat, Cukup Sehat, Kurang Sehat, dan Tidak Sehat. Data yang digunakan adalah laporan keuangan tahunan selama tahun 2011-2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah posisi tingkat kesehatan PT. Pembangunan Jawa Barat dan Banten,  dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2015.
Jenis peneltian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data meggunakan metode CAMEL. Metode ini terdiri dari 5 aspek yaitu Capital (permodalan), Asset Quality (kualitas aset), Management (manajemen), Earning (rentabilitas), dan Liquidity (likuiditas). Aspek permodalan menggunakan rasio CAR (Capital Adequacy Ratio); aspek kualitas asset menggunakan rasio KAP (Kualitas Aktiva Produktif) dan rasio NPL (Net Performing Loan); aspek manajemen menggunakan rasio NPM (Net Profit Margin); aspek rentabilitas menggunakan rasio ROA (Return On Asset), rasio ROE (Return On Equity), BOPO (Beban Operasional/Pendapatan Operasional) dan rasio NIM (Net Interst Margin); kemudian aspek likuiditas menggunakan rasio LDR (Loan To Deposit Ratio). Dari pengolahan data yang telah dilakukan, diketahui bahwa sejak tahun 2011 hingga tahun 2015 Bank  selalu mendapat predikat Sangat Sehat dalam seluruh aspek CAMEL.
Untuk menjaga rasio likuiditas, bank sebaiknya terus meningkatkan kemampuan dalam memelihara kecukupan kas. Bank juga harus berhati-hati dalam mengelola pinjaman sehingga dapat memperhatikan jumlah aktiva yang dimiliki sebagai perhitungan dalam melunasi hutang jangka pendek yang jatuh tempo.
Kata Kunci : Analisis CAMEL (Capital, Asset quality, Management, Earnings and Liquidity), Tingkat Kesehatan Keuangan, PT. Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten, Tbk.

×
Penulis Utama : Dwiantinia Aisyah Arisuwandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3614042
Tahun : 2017
Judul : Analisis penilaian tingkat kesehatan PT. Bank Pembangunan Jawa Barat Dan Banten, Tbk dengan menggunakan metode camel periode 2011 – 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi-Prog DIII. Keuangan & Perbankan-F3614042-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Nunung Sri Mulyani M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.