Penulis Utama : Khunzaly Suryaningtyas
NIM / NIP : K3114029
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan perilaku waria. (2) mendiskripsikan faktor-penyebab waria tersebut berperilaku menyimpang. (3) mendiskripsikan dampak yang akan terjadi pada waria tersebut. (4) untuk mencari alternatif pencegahan pada waria tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek primer  (waria) dan subjek sekunder (guru BK dan teman subjek primer). Data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, lokasi penelitian, dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan studi kepustakaan atau dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan untuk menjamin keakuratan. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif interaktif.
Simpulan dari penelitian ini yaitu (1) Semua perilaku yang terjadi pada waria sebenarnya hampir sama. Sama-sama berdandan, berpakaian layaknya seperti perempuan, dan memiliki sifat yang mudah tersinggung. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan mereka menjadi seperti itu antara lain karena faktor intern (dari dalam diri, misalnya; keinginannya, hasratnya) dan faktor dari luar yaitu faktor keluarga (misalnya; kurangnya kasih sayang orangtua, pergaulan yang terlalu bebas, terlalu dimanja, kurangnya perhatian dan salah asuh), faktor lingkungan, faktor ekonomi. (3) Dampak yang akan terjadi yaitu gangguan psikisnya. (4) Alternatif pencegahan yang dapat dilakukan guru BK yaitu dengan pendekatan individual secara intensif dan terapi kognitif. Apabila masih tidak bisa, juga bisa alih tangan pada ahli psikolog dengan menggunakan terapi emotional healing.

Kata Kunci: Perilaku Waria, Faktor Penyebab, Dampak, Alternatif Pengobatan

 

×
Penulis Utama : Khunzaly Suryaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114029
Tahun : 2019
Judul : Studi Kasus tentang Perilaku Waria, Faktor Penyebab, Dampak dan Alternatif Pengobatan pada SMK di Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bimbingan dan Konseling-K3114029-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti S. Fadhilah, M.Pd.
2. Agus Tri Susilo, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.