Penulis Utama : Kristiana Dewi Kurniawati
NIM / NIP : K7407193
×

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  proses   pembelajaran,  kendala,
serta   upaya    yang    dihadapi    dalam    proses    pembelajaran   berbasis    teknologi informasi clan komunikasi pada information communication  technology class.
Sesuai  dengan  tujuan penelitian maka  penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel  diambil  dengan  teknik  Purposive  Sampling  (sampel bertujuan), dimana  sampel  yang  diambil  tidak ditekankan padajumlah melainkan kualitas  pemahaman masalah  yang  diteliti. Sampel juga diambil  dengan menggunakan  teknik   Snowball  Sampling  (bola   salju),  dimana   sampel   diambil
berdasarkan petunjuk  key  informant.  Teknik  pengumpulan data  yang  digunakan
adalah   wawancara,  dokumentasi,  dan   observasi.  Teknik   validitasi data   yang digunakan  adalah   truanggulasi  sumber.  Teknik   analisis   data   yang   digunakan adalah  tejnik  analisis  data interaktif.
Berdasarkan  basil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa, (1)  Prasarana dan sarana yang terdapat  pada  information  communication technology class    di  SMA Muhammadiyah I  Karanganyar disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan pengajar dalam melaksanakan  proses  pembelajaran.  Sumber  daya  manusia juga  dipersiapkan untuk mendukung proses pembelajaran. Proses pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi   diiaksanakan   dengan meoggimakan  pendekatan   topik   dengan tetap melibatkan siswa kedalam proses pembelajaran.  Pembelajaran dengan pendekatan topik dipilih karena materi yang disampaikan sudah ditentukan oleh kurikulum serta karena adanya sarana dan prasarana yang mendukung  (2) Kendala yang menghambat  proses pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi diantaranya : penyaiabgunaan media pembelajaran, kurangnya kesiapan sumber daya manusia, hanya terdapat program IPA, serta kurang Iancamya  koneksi   internet (3)  Upaya  yang di1akukan  untuk meningkatkan  proses pembelajaran  berbasis teknologi informasi  dan komunikasi pada information  communication technology class di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar adalah : melakukan pengawasan kepada  siswa, pelaksanaan pelatihan, memberikan bimbingan kepada siswa,  serta memperbaiki koneksi  internet.

×
Penulis Utama : Kristiana Dewi Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7407193
Tahun : 2011
Judul : Evaluasi Proses Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Information Communication Technology Class di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Ekonomi-X7407193-2011
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd.
2. Sri Sumaryati, S. Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.