Penulis Utama : Naurah Asyifa Priandini
NIM / NIP : G0014176
×

Latar belakang: Pemberian obat atau farmakoterapi merupakan pilihan pertama untuk menangani anak penderita epilepsi. Efek samping berupa gangguan fungsi hati ditimbulkan dari pemberian obat antiepilepsi seperti fenitoin, karbamazepin, asam valproat dan fenobarbital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian obat antiepilepsi terhadap kadar fungsi hati ditinjau dari kadar SGOT dan SGPT pada anak epilepsi.

Metode penelitian: Penelitian potong lintang untuk mengetahui pengaruh usia, jenis pemberian OAE, dan lama penggunaan OAE terhadap kadar fungsi hati pada 30 subjek pasien epilepsi di poliklinik neurologi anak RSUD Dr. Moewardi. Dilakukan analisis bivariat untuk menilai tiap faktor terhadap kadar fungsi hati, lalu dilakukan analisis regresi logistik untuk mengetahui pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap kadar fungsi hati.

Hasil penelitian: Analisis bivariat didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara jenis pemberian obat antiepilepsi dengan kadar SGOT dengan nilai p = 0,023 (p < 0 xss=removed xss=removed xss=removed>

Simpulan penelitian: Hasil yang didapat menunjukkan jenis pemberian obat antiepilepsi secara politerapi berpengaruh terhadap terjadinya gangguan fungsi hati ditinjau pada penderita epilepsi anak. Penggunaan politerapi memiliki risiko 11,476 kali terjadi gangguan fungsi hati dibandingkan penggunaan monoterapi. Tidak ada pengaruh yang bermakna antara usia dan lama penggunaan OAE dengan kadar fungsi hati.

Kata kunci: epilepsi, obat antiepilepsi, kadar fungsi hati, anak

×
Penulis Utama : Naurah Asyifa Priandini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014176
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh pemberian obat antiepilepsi terhadap kadar fungsi hati pada anak epilepsi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G0014176-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fadhilah Tia Nur, dr., Sp.A(K), M.Kes
2. Nugroho, dr., M.MedEd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.