Penulis Utama : Rahma Luthfa Annisa
NIM / NIP : G0014192
×

Latar Belakang: Periodontitis adalah peradangan kronis pada jaringan penyangga gigi yang dapat menyebabkan rusaknya tulang alveolar, hilangnya perlekatan ginggiva hingga tanggalnya gigi. Periodontitis dapat menyebar dan diketahui berperan dalam berbagai penyakit sistemik. Banyak hal yang dapat memengaruhi perkembangan penyakit periodontitis, salah satunya Indeks Massa Tubuh. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Indeks Massa Tubuh terhadap progresifitas periodontitis yang dilihat melalui derajat keasaman saliva atau pH saliva.
Metode:  Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek yang digunakan adalah penderita periodontitis di Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Dr. Moewardi. Variabel terikat yaitu derajat keasaman saliva dan variabel bebas yaitu Indeks Massa Tubuh (IMT). Subyek penelitian diukur tinggi badan dan berat badan untuk mengetahui Indeks Massa Tubuh serta diukur pH saliva. Pengambilan sampel telah dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan sebanyak 30 responden. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji beda One Way Anova, dan uji regresi linear.
Hasil: Hasil analisis pada 30 sampel penelitian, hasil uji beda One Way Anova didapatkan hasil p = 0,000 menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan derajat keasaman saliva pada beberapa kelompok kategori Indeks Massa Tubuh pasien periodontitis. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Indeks Massa Tubuh dan derajat keasaman saliva pada pasien periodontitis. Kontribusi (r2) Indeks Massa Tubuh derajat keasaman saliva  sebesar 74,4% dengan persamaan regresi sederhana Derajat Keasaman Saliva = 2,830 + 0,192(IMT). Hasil ini sudah mengontrol variabel perancu yaitu konsumsi rokok, alkohol, obat-obatan yang dapat mempengaruhi sekresi saliva, dan berbagai penyakit metabolik.

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara Indeks Massa Tubuh dan derajat keasaman saliva pada pasien periodontitis, di mana jika Indeks Massa Tubuh meningkat, maka derajat keasaman saliva juga meningkat dengan kontribusi Indeks Massa Tubuh sebesar 74,4 %.

Kata Kunci: Indeks Massa Tubuh, Derajat Keasaman Saliva, dan Periodontitis

×
Penulis Utama : Rahma Luthfa Annisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014192
Tahun : 2017
Judul : Hubungan indeks massa tubuh dan derajat keasaman saliva pada pasien periodontitis
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G0014192-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.