Penulis Utama : Ari Suryo Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0105045
Tahun : 2010
Judul : Kajian Macam Media dan Konsentrasi BAP terhadap Pertumbuhan Tanaman Pranajiwa (Sterculiafoetida L.) secara in Vitro
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2010
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agronomi-H0105045-2010
Subyek : MEDIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Pranajiwa (S.Joetida)   merupakan salah   satu tanaman yang dapat dikembangkan  sebagai  baku  baku  biofael (biodiesel dan bio-oih.  Di Indonesia tanaman pranajiwa  belum dibudidayakan secara  intensif.  Perbanyakan  pranajiwa dengan kultur jaringan rnerupakan alternatif yang menguntungkan,  karena perbanyakan  dengan biji rnembutuhk.an waktu yang lama untuk perturnbuhan dan perkembangannya.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  macam media dan beberapa  konsentrasi  BAP terhadap  perturnbuhan  tanaman  pranajiwa secara  in vitro.  Penelitian  diJaksanakan  di  Laboratorium  Fisiologi  dan Bioteknologi  Fakultas  Pertanian Universitas  Sebelas Maret Surakarta pada bulan Maret sampai Agustus 2009.
Penelitian ini menggunakan  Rancangan  Acak Lengkap dengan dua faktor perlakuan. Faktor pertama adalah rnacam media, yaitu: media MS (Ml) dan media WPM  (M2).  Faktor  kedua  adalah  konsentrasi  BAP,  yaitu:  0 ppm  (KO),  I   ppm (Kl), 2 ppm  (K.2), 3  ppm  (K3),  dan  4 ppm  (K.4).  Setiap  kombinasi  perlakuan ditambahkan  IBA 0,5 ppm  dan diulang  3  kali.  Data pada  variabel  pertumbuhan tanaman, jumlah  daun dan saat muncul  kalus   dianalisis  secara deskriptif.  Data pada variabel  jurnlah  tunas  dianalisis  menggunakan  analisis  ragam  berdasarkan Uji F taraf  5?n  1%, apabila  menunjukkan pengaruh  nyata maka dilanjutkan dengan DMRT dengan taraf 5?n uji regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksplan nodus tanaman pranajiwa mampu membentuk  kalus, tunas, dan daun namun hanya beberapa  eksplan  yang rnampu turnbuh hingga membentuk planlet. Saat muncul kalus tercepat dihasilkan pada media MS+BAP 2 ppm dan media WPM+BAP 4 ppm. Kombinasi perlakuan media MS+BAP  4 ppm memberikan jumJah tunas terbanyak,  namun tunas-tunas yang dihasilkan berukuran  pendek. Kombinasi  perlakuan media MS+BAP 3  ppm memberikan basil jumlah daun terbanyak.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Endang Yuniastuti, MSi.
2. Ir. Amalia Tetrani Sakya, MP., Mphill.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian