Penulis Utama : Alfian Aji Kautsar
NIM / NIP : H0713017
×

Kenitu merupakan tanaman yang belum dikenal masyarakat tetapi mempunyai prospek baik sebagai tanaman buah, hias, dan obat. Kenitu memiliki buah dengan tekstur dasar buah yang lembut, berair, menyegarkan, dan rasa enak. Bentuk tajuk serta warna daun yang unik menjadikan kenitu sebagai tanaman hias. Perbanyakan kenitu dapat dilakukan secara generatif maupun vegetatif. Perbanyakan kenitu dilakukan dengan cara vegetatif menggunakan sambung pucuk mini (mini grafting) karena tingkat keberhasilan yang tinggi dibandingkan dengan teknik lainnya. Selain itu tanaman hasil sambung pucuk mini mempunyai perakaran yang lebih kuat dibandingkan dengan yang lainnya karena batang bawahnya merupakan tanaman yang berasal dari biji. Dalam melakukan sambung pucuk mini memerlukan berbagai nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan tanamanĀ  agar dapat meningkatkan keberhasilan sambung pucuk mini. Ciri-ciri sambung pucuk mini dikatakan berhasil yaitu munculnya tunas baru pada batang atas tanaman kenitu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh komposisi larutan nutrisi yang tepat untuk mendukung keberhasilan sambung pucuk mini tanaman kenitu.
Penelitian ini dilaksanakan di Sumber Tapen, Kecamatan Banjarsari, Surakarta dengan ketinggian tempat 105 m dpl. Percobaan dilaksanakan mulai Februari 2017 sampai Agustus 2017. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan satu faktor yaitu komposisi larutan nutrisi, yang terdiri dari menggunakan 5 taraf perlakuan: larutan nutrisi mix A dan B nitrogen (N) 225 ppm dan fosfor (P) 75 ppm, modifikasi nitrogen (N) 225 ppm dan fosfor (P) 60 ppm, modifikasi nitrogen (N) 225 ppm dan fosfor (P) 90 ppm nitrogen (N) 175 ppm dan fosfor (P) 75 ppm, modifikasi nitrogen (N) 275 ppm dan fosfor (P) 75 ppm, diulang empat kali. Analisis data menggunakan analisis kovarian dengan taraf kepercayaan ? 5% dan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) 5%.
Hasil penelitian menunjukkan komposisi larutan nutrisi AB mix dengan meningkatkan konsentrasi nitrogen (N) dari 225 ppm menjadi 275 ppm merupakan komposisi larutan nutrisi yang tepat untuk mendukung keberhasilan sambung pucuk mini pada tanaman kenitu (Chrysophyllum cainito L) yang ditunjukkan pada peubah tinggi sambungan (2,37 cm), jumlah tunas (8,1), dan jumlah daun (4,4)

×
Penulis Utama : Alfian Aji Kautsar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0713017
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh komposisi larutan nutrisi terhadap pertumbuhan bibit sambung pucuk mini tanaman kenitu (Chrysophyllum cainito L)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Agroteknologi-H0713017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Endang Setia Muliawati, M.Si
2. Ir. Sukaya, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.