Penulis Utama : Dyias Ayu Priyanti
NIM / NIP : F3614044
×

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran lebih mendalam dan pemahaman mengenai prosedur pemberian kredit  serta mengetahui upaya pengurangan kredit macet pada PD. BPR Bank Boyolali. Evaluasi prosedur pemberian kredit dapat dilihat dari Standart Operating Procedure (SOP) dan pengaplikasian prosedur secara langsung di lapangan untuk melihat kredit macet yang ada pada PD. BPR Bank Boyolali serta upaya pengurangan kredit macet yang telah dilakukan.
Metode penelitian yang dilakukan adalah diskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan pihak PD. BPR Bank Boyolali. Data sekunder diperoleh dari buku dan sumber lainnya.
Hasil penelitian dapat disimpulkan prosedur pemberian kredit yang dilakukan oleh PD. BPR Bank Boyolali telah sesuai dengan SOP yang ditetapkan, akan tetapi dalam praktiknya masih ada sedikit kekurangan seperti pada proses prosedur permohonan kredit dan administrasi kredit. Meskipun telah sesuai dengan SOP namun kredit bermasalah mengalami kenaikan. Berikut upaya yang telah dilakukan pada PD. BPR Bank Boyolali yaitu melakukan penagihan secara langsung, diberikan surat peringatan 1-3, penjadwalan kembali, mediasi melalui kejaksaan, penjualan asset dan penghapusan piutang.
Saran yang dapat diajukan adalah PD. BPR Bank Boyolali supaya gencar melakukan sosialisasi mengenai syarat pengajuan kredit dan dalam proses administrasi kredit berkas-berkas nasabah dirapikan supaya dapat terarsip dengan baik. Prosedur pemberian kredit tetap dilakukan mengacu pada SOP yang telah ditetapkan, karena kredit macet telah mengalami penurunan.
Kata Kunci : Prosedur Kredit

×
Penulis Utama : Dyias Ayu Priyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3614044
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi prosedur pemberian kredit sebagai upaya pengurangan kredit macet di PD. BPR Bank Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi-Prog DIII. Keuangan & Perbankan-F3614044-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.