Penulis Utama : Isrina Siregar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861202009
Tahun : 2016
Judul : Implementasi pembelajaran sejarah dengan media audio visual berbasis museum dan cagar budaya untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar sejarah (penelitian pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Merangin Jambi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-S861202009 -2016
Subyek : AUDIO VISUAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis : (1)  Penerapan pengunaan media pembelajaran berbasis museum dan cagar budaya sejarah   meningakatkan minat belajar sejarah lokal pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Merangin Jambi., (2) Penerapan mengetahui pengunaan media pembelajaran berbasis museum dan cagar budaya sejarah meningakatkan prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Merangin Jambi..
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (5) refleksi. dalam pembelajaran dilaksanakan dalam tiga siklus yang dilaksanakan pada satu kompetensi dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui tiga tahap, yaitu : (1) observasi, (2) tes, dan (3) angket.
Dari pelaksanaan tindakan yang dilakukan diperoleh ketuntasan pada minat belajar sejarah siswa pada saat pra tindakan baru memperoleh 25%, dan saat tindakan dapat diperoleh pada menggunakan tes obyektif minat belajar sejarah siswa pada siklus I prosentase 48,88%, pada siklus II untuk 71,88%, dan untuk siklus III mengalami peningkatan 81,25?ngan klarifikasi baik, Hasil prestasi belajar sejarah pada pra tindakan memperoleh 25%, dan hasil prestasi belajar sejarah dalam mencapai presentase pada siklus I untuk pretes 30 ?n untuk pos tes mencapai 43,75%, untuk hasil  siklus II pada pretest menperoleh 67,74% sedangkan untuk postes 75%, dan untuk siklus III hasil pretes 75% sedangkan post tes mencapai 100%. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dalam keaktifan siswa dalam menganalisis materi, bertanya, menjawab pertanyaan selama proses pembelajaran, sedangkan peningkatan minat belajar sejarah siswa ditujukan oleh meningkatnya hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada setiap siklusnya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran sejarah dengan media audio visual berbasis museum dan cagar budaya efektif meningkatkan minat dan prestasi belajar sejarah penelitian pada siswa kelas XI IPS 2 Sma Negeri 1 Merangin Jambi.
Kata kunci: Media Audio Visual, Museum dan Cagar Budaya, Minat Belajar, dan Prestasi belajar sejarah.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. COVER.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum
2. Dr. Leo Agung S, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP