Penulis Utama : Mutiyas Nadia Ulfa
NIM / NIP : G0014168
×

Latar Belakang: Stroke adalah penyakit gangguan fungsi saraf lokal maupun global, yang muncul secara mendadak, progresif dan cepat. Gangguan fungsi saraf disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak non traumatik serta menimbulkan gejala seperti kelumpuhan wajah atau anggota gerak, gangguan bicara, gangguan kesadaran serta gangguan penglihatan. Stroke telah menjadi penyebab disabilitas menetap, sebanyak 25-74% pasien stroke membutuhkan bantuan dalam activity of daily living (ADL). Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu kunci dalam rehabilitasi stroke adalah melalui terapi fisik (fisioterapi) yang memiliki tujuan utama mengembalikan dan mempertahankan kemampuan ADL. Terapi okupasi juga elemen penting untuk rehabilitasi pasien stroke, bertujuan untuk mencapai fungsi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, mencegah disabilitas, dan meningkatkan kemandirian pasien. Penelitian ini membandingkan efektivitas fisioterapi (FT) dan fisioterapi kombinasi terapi okupasi (FTOT) pada pasien stroke menggunakan kuesioner Stroke Impact Scale (SIS).
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional comparative dilakukan di Instalasi Rawat Jalan Rehabilitasi Medik dan Saraf RSUD dr. Moewardi, pada September-Oktober 2017. Besar sampel berjumlah 30 responden dan dipilih melalui purposive sampling, selanjutnya responden dibagi menjadi 15 tiap kelompok. Data yang didapat diuji menggunakan uji normalitas data Saphiro-Wilk dan analisis uji t-independent (? = 0,05) dan Mann-Whitney.
Hasil Penelitian: Uji t-independent antar kelompok menunjukkan nilai rerata FT sebesar 76,8 sedangkan nilai rerata FTOT sebesar 84,2 (p = 0,036). Uji Mann-Whitney didapatkan domain partisipasi memiliki perbedaan bermakna antar kelompok (p = 0,01), sedangkan domain lain tidak.
Simpulan Penelitian: Hasil yang didapat menunjukkan nilai SIS fisioterapi kombinasi terapi okupasi lebih tinggi dibanding nilai SIS fisioterapi.
                                                
Kata kunci: stroke impact scale, fisioterapi, fisioterapi kombinasi terapi okupasi, stroke

×
Penulis Utama : Mutiyas Nadia Ulfa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014168
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan nilai stroke impact scale (SIS) antara fisioterapi dan fisioterapi kombinasi terapi okupasi pada pasien stroke di RSUD dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G0014168-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Desy Kurniawati Tandiyo, dr., Sp.KFR
2. Novianto Adi Nugroho, dr
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.