Penulis Utama : Yunizar Ika Purnamaningtyas
NIM / NIP : F1217078
×

PT Vinoli Niaga Indah merupakan perusahaan manufaktur yang turut andil dalam persaingan bisnis. Kualitas layanan yang optimal menjadi hal yang penting bagi perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan dengan kompetitor. salah satu upaya dalam mewujudkan hal tersebut adalah dengan memiliki ketersediaan sumberdaya manusia yang handal dan kompeten. Pelatihan memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan sumberdaya manusia yang handal dalam kinerjanya. pelatihan yang efektif dapat fiwujudkan ketika perusahaan dapat memberikan dukungan yang positif bagi karyawan. tujuan peneltiian ini adalah untuk menguji dan menganalisis efek moderasi persepsi dukungan organisasi serta peran transfer pelatihan dan kepuasan kerja dalam memediasi penagruh pelatihan pada kualitas layanan pelanggan..
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel sebesar 175 responden yang merupakan karyawan PT Vinoli Niaga Indah. Responden penelitian meliputi area manager, marketing, gudang, dan personalia. Alat uji analisis yang digunakan adalah  SmartPLS 3.0 dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transfer pelatihan memediasi pengaruh pelatihan pada kualitas layanan pelanggan, kepuasan kerja memediasi pengaruh pelatihan pada kualitas layanan pelanggan, kepuasan kerja memediasi pengaruh pelatihan pada transfer pelatihan, kepuasan kerja memediasi pengaruh transfer pelatihan pada kualitas layanan pelanggan, serta persepsi dukungan organisasi memperkuat hubungan antara pelatihan dan transfer pelatihan, sehingga dukungan organisasi yang tinggi akan meningkatkan efek pelatihan pada transfer pelatihan.

Kata Kunci: Pelatihan, Kualitas Layanan Pelanggan, Transfer Pelatihan, Kepuasan Kerja, Dukungan Organisasi

 

×
Penulis Utama : Yunizar Ika Purnamaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1217078
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh pelatihan pada peningkatan kualitas layanan pelanggan melalui peran mediasi kepuasan kerja dan transfer pelatihan dengan persepsi dukungan organisasi sebagai variabel moderator (studi pada karyawan PT Vinoli Niaga Indah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog Studi Manajemen-F1217078-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti, S.E., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.