Penulis Utama : Rustam Hidayatulloh
NIM / NIP : F0114076
×

Kakao menjadi salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia di pasar internasional. Sebagai negara penghasil kakao terbesar ketiga di dunia, Indonesia memiliki pasar ekspor yang sangat luas. Malaysia merupakan negara tujuan ekspor terbesar Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing komoditas kakao Indonesia di pasar negara Malaysia periode 2008-2017 dan posisi komoditas kakao indonesia pada perdagangan di pasar negara Malaysia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Indeks Spesialusasi Perdagangan (ISP).
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa komoditas kakao Indonesia memiliki tingkat daya saing yang cukup tinggi di pasar negara Malaysia. Tingkat daya saing paling tinggi yaitu komoditas biji kakao, dikarenakan ekspor kakao indonesia sebagian besar masih berupa bahan mentah. Di sisi lain meskipun memiliki daya saing, namun komoditas kakao Indonesia sedang berada pada tahap pertumbuhan ekspor ke pasar negara Malaysia.
Kata Kunci: Revealed Comparative Advantage (RCA), Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP), Daya Saing, Ekspor, Pasar Internasional.
 

 

×
Penulis Utama : Rustam Hidayatulloh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114076
Tahun : 2019
Judul : Analisis daya saing kakao Indonesia di pasar Negara Malaysia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog Studi Ekonomi Pembangunan-F0114076-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yunastiti Purwaningsih, MP.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.