Penulis Utama : Intan Sari Dewi
NIM / NIP : F1117034
×

Penelitian ini menganalisis tentang Implementasi PKH sebagai salah satu program yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial. PKH atau Program Keluarga Harapan dikenal dengan istilah Conditional Cash Transfer (CCT) atau bantuan tunai bersyarat. PKH adalah program penanggulangan kemiskinan melalui pemberian bantuan tunai kepada keluarga sangat miskin berdasarkan persyaratan dengan mencakup pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial dengan sistem dan ketentuan yang telah ditetapkan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian implementasi PKH terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Mergawati, Kecamatan Kroya. Data yang digunakan dalam analisis ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara narasumber/informan yang mana adalah penerima dana bantuan PKH yang disebut KPM atau keluarga penerima manfaat. Sementara data pendukung diperoleh dari Dinas Sosial dan data yang diterbitkan oleh instansi terkait. Aspek yang diteliti meliputi maanfaat terkait kesejahteraan, implementasi program dan perilaku masyarakat penerima dana bantuan.
Berdasarkan hasil analisis dari keseluruhan data yang diperoleh pelaksanaan program ini sudah mencapai sasaran yang tepat yang mencakup tiga komponen utama kesejahteraan masyarakat yaitu kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial. Selain itu dari keseluruhan keterangan yang diperoleh dari informan dapat diambil kesimpulan bahwa PKH mempunyai andil dalam meningkatkan kesejahteraan mereka terutama pada komponen pendidikan. Meskipun demikian, masih ada yang perlu dibenahi dalam implementasi program ini terutama dalam hal teknis dan penggunaan metode pendekatan yang lebih efektif untuk merubah pola pikir masyarakat.

Kata Kunci : PKH, Implementasi Program, Kesejahteraan Sosial

 

×
Penulis Utama : Intan Sari Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1117034
Tahun : 2019
Judul : Analisis implementasi program keluarga harapan terhadap kesejahteraan masyarakat (studi kasus desa mergawati Kecamatan Kroya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog Studi Ekonomi Pembangunan Transfer-F1117034-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Vincent Hadiwiyono W.S.,M.A.
2. Bhimo Rizky Samudro, S.E., M.Si., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.