Penulis Utama : Aries Adenata
NIM / NIP : S701508008
×

ABSTRAK

Aries Adenata. S701508008. 2019. Estetika Sastra Islami Helvy Tiana Rosa:Kajian Sosiologi Sastra. Pembimbing I Dr. Titis Srimuda Pitana, S.T  M. Trop. Arch. Pembimbing II  Dr. Dwi Susanto  M.Hum.  Program  Pasca  Sasrjana  S2  Kajian  Budaya,  Univesitas  Sebelas  Maret Surakarta.
Tesis ini berjudul Estetika Sastra Islami Helvy Tiana Rosa: Kajian Sosiologi Sastra. Tujuan dari kajian ini adalah bagaimana konteks sosial yang jadi latar belakang estetika sastra islami Helvy Tiana Rosa dan tujuan yang estetika sastra islami Helvy Tiana Rosa terhadap kesusastraan pada saat itu. Perhatian penelitian ini dipusatkan pada rumusan masalah yang disajikan dalam bentuk pertanyaan seperti berikut: (1) Bagaimana konteks sosial yang melatarbelakangi estetika sastra islami Helvy Tiana Rosa (2) Bagaimana bentuk respon Helvy Tiana Rosa terhadap struktur sosialnya.
Penelitian ini merupakan penelitian di bidang Kajian Budaya ini bersifat deskriptif menggunakan teknik analisis data kualitatif, data-data berupa tulisan diolah secara kritis untuk mendapatkan hasil kajian yang diperlukan. Untuk menganalisis data digunakan teknik diskriptif analitik yang dilakukan secara kritis. Teori yang digunakan adalah teori sosiologi sastra.
Berdasarkan kajian yang telah dilakukan dapat dikemukakan kesimpulan. Helvy Tiana Rosa melakukan   perlawanan   terhadap   ideologi   liberalisme   dan   seksulitas   yang   mendominasi kehidupan sastra pada tahun 90-an. Helvy melawan ideologi liberalisme dan seksulitas dengan membawa bendera sastra islami. Bentuk perlawanan Helvy adalah dengan mendirikan komunitas Forum Lingkar Pena yang menyuarakan sastra islami untuk menandingi ideologi liberalisme dan seksualitas.. Perlawananan lainnya dengan menggunakan atau menerbitkan karya-karya yang membawa sastra islami untuk melawan karya sastra seksualitas yang beredar pada tahun 90-an. Sastra  islami  Helvy Tiana  Rosa  dipengaruhi  oleh  gerakan  tarbiyah  yang  membawa  konsep ideologi Syumuliyatul Islam.

Kata kunci: sastra islami, Helvy Tiana Rosa, ideologi, Forum Lingkar Pena

×
Penulis Utama : Aries Adenata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S701508008
Tahun : 2019
Judul : Estetika Sastra Islami Helvy Tiana Rosa: Kajian Sosiologi Sastra
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Kajian Budaya
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Magister Kajian Budaya - S701508008 - 2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. -
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.