Penulis Utama : Ahmad Tajuddin Ramdhani
NIM / NIP : R0016001
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Kecelakaan kerja di sektor pertambangan salah satunya disebabkan oleh kelelahan kerja. Hampir setiap tahun sebanyak dua juta tenaga kerja meninggal dunia karena kelelahan kerja. Kelelahan kerja disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor individu yang meliputi usia dan indeks masa  tubuh  dan  gaya  hidup  meliputi  kuantitas  tidur,  kebiasaan  olahraga  dan tempat tinggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor individu dan gaya hidup yang mempengaruhi kelelahan kerja pada operator dump truck hauling di PT. Putra Perkasa Abadi site MHU.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu seluruh operator  dump  truck  hauling  di  PT.  Putra  Perkasa  Abadi  Site  MHU  yang berjumlah 50 orang. Teknik sampling menggunakan sampling aksidental, dengan teknik sampling tersebut didapatkan sampel sebesar 30 orang.

Hasil Penelitian: Hasil uji statistik menggunakan uji Chi Square untuk variabel usia (p-value = 0,615), indeks masa tubuh (p-value = 0,032), kuantitas tidur (p- value = 0,000), kebiasaan olahraga (p-value = 0,034) dan tempat tinggal (p-value= 0,178)

Simpulan: Kelelahan kerja operator dump truck hauling di PT. Putra Perkasa Abadi site MHU dipengaruhi oleh faktor individu indeks masa tubuh serta gaya hidup  yaitu kuantitas tidur dan kebiasaan olahraga.

Kata kunci:  kelelahan kerja operator dump truck hauling, faktor individu, gaya hidu

×
Penulis Utama : Ahmad Tajuddin Ramdhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016001
Tahun : 2019
Judul : Analisis Faktor Individu dan Gaya Hidup yang Mempengaruhi Kelelahan Kerja Operator Dump Truck Hauling di Pt. Putra Perkasa Abadi Site Multi Harapan Utama Kalimantan Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Hiperkes Dan Keselamatan Kerja-R0016001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardiyono S.KM., M.Kes
2. Tyas Lilia Wardani S.ST., M.KKK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.