Penulis Utama : Bungsu Dinda Fajrin
NIM / NIP : R0015108
×

ABSTRAK

Latar Belakang : PT Saptaindra Sejati merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kontraktor pertambangan dimana pekerjanya terutama para operator memiliki potensi tinggi mengalami kelelahan kerja/fatigue. Oleh karena itu penerapan manajemen fatigue sangat diperlukan perusahaan untuk mencegah terjadinya sesuatu hal yang dapat mengakibatkan kerugian baik perusahaan maupun pekerja..

Metode : Penelitian ini berupa penelitian deskriptif untuk menggambarkan pelaksanaan program manajemen fatigue di PT Saptaindra Sejati Jobstie Adaro Mining Operation dan kemudian dibahas serta dianalisis dengan teori terkait kelelahan kerja yang ada.

Hasil : Perusahaan telah berupaya untuk mengendalikan dan mencegah kelelahan kerja pada pekerja dengan menerapkan program manajemen fatigue. Program tersebut dilaksanakan oleh tim yang terdiri dari beberapa pihak yaitu SHE, paramedis, pengawas lapangan, dan owner (Adaro Indonesia). Program manajemen fatigue yang ada di perusahaaan antara lain Edukasi Pekerja, Kunjungan Manajemen Kekeluarga, Kampanye, Bugar Selamat, Pre-Shift Health Check, Senam Peregangan, Supervisor Fatigue Observation, Observasi Jam Kritis, Harvard Test, Broadcast Fatigue Management dan Sidak NAPZA.

Simpulan : Perusahaan telah melaksanakan program manajemen fatigue dalam rangka untuk mengendalikan kelelahan kerja. Program-program tersebut diklasifikasikan oleh perusahaan menjadi 3 bagian yaitu Promosi, Pre-Work, dan On-The Job. Secara keseluruhan menurut penulis sudah sesuai dengan peraturan namun dalam penerapan Bugar Selamat masih diperlukan tindakan koreksi dan perbaikan lebih lanjut.

Kata Kunci : Kelelahan kerja, program manajemen fatigu

×
Penulis Utama : Bungsu Dinda Fajrin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015108
Tahun : 2019
Judul : Gambaran Pelaksanaan Manajemen Fatigue di Pt Saptaindra Sejati Jobsite Adaro Mining Operation, Kalimantan Selatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Hiperkes Dan Keselamatan Kerja-R0015108-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Seviana Rinawati, S.KM, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.