Penulis Utama : Liem Khee Sen
NIM / NIP : S981308003
×

Latar Belakang: Anestesi spinal dengan lidokain memiliki lama kerja sedang sehingga perlu diberikan adjuvan untuk memperpanjang lama kerja lidokain. Fentanyl sering digunakan sebagai adjuvan namun memiliki beberapa potensi efek samping yang merugikan dari ringan hingga berat. Dexamethasone merupakan alternatif adjuvan yang dapat digunakan untuk memperpanjang lama kerja dan mempercepat mula kerja anestesi lokal. Adjuvan dexamethasone tidak memiliki efek samping seperti fentanyl. Namun demikian, dexamethasone memiliki efek sistemik seperti hiperglikemia terutama pada penggunaan jangka panjang.
Tujuan: Menganalisis perbedaan kecepatan mula kerja dan lama kerja blokade serta pengaruh terhadap kadar gula darah pada pemberian 4 mg dexamethasone dibandingkan dengan 12,5 mcg fentanyl pada 75 mg lidokain 5% hiperbarik yang diberikan secara intratekal.
Metode: Penelitian menggunakan Double Blind Randomized Control Trial pada 22 pasien ASA 1 dan 2 yang menjalani operasi abdomen bagian bawah dan ekstremitas bawah dengan anestesi spinal. Penelitian dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu Kelompok I di mana anestesi spinal dilakukan dengan menambahkan adjuvan dexametashone 4 mg pada lidokain 5u mg (Kelompok Dexamethasone/KD) dan Kelompok II di mana anestesi spinal dilakukan dengan menambahkan adjuvan fentanyl 12,5 mcg pada lidokain 5u mg (Kelompok Fentanyl/KF). Data dicatat meliputi mula kerja blokade, lama kerja blokade, kadar gula darah pre anestesi, dan kadar gula darah paska anestesi.
Hasil: Kelompok dexamethasone memiliki mula kerja yang lebih cepat dibandingkan dengan kelompok fentanyl (p: 0,043). Kelompok dexamethasone juga memiliki lama kerja yang lebih panjang dibandingkan kelompok fentanyl dengan nilai p sebesar 0,010. Dari hasil beda mean didapatkan bahwa kelompok dexamethasone memiliki selisih gula darah pre dan paska anestesi yang lebih kecil dibandingkan dengan kelompok fentanyl.
Kesimpulan : Penggunaan dexamethasone 4 mg sebagai adjuvan lidokain 5% pada anestesi spinal secara signifikan mempercepat mula kerja blokade, memperpanjang lama kerja blokade, dan memiliki pengaruh minimal terhadap kadar gula darah dibandingkan dengan penggunaan adjuvan fentanyl 12,5 mcg.
Kata Kunci : Anestesi Spinal, dexamethasone, fentanyl, mula kerja blokade, lama kerja blokade, kadar gula darah

×
Penulis Utama : Liem Khee Sen
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S981308003
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan mula kerja obat, lama kerja obat dan kadar gula darah antara pemakaian dexamethasone dengan fentanyl sebagai adjuvan lidokain 5% pada anestesi spinal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : PPDS Anestesi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Magister Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif -S981308003-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr.EkoSetijanto, M.Si, M.Med Sp.An.KIC
2. dr. Bambang NP, SpAn Perf MKes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.