Penulis Utama : Utmaya Rahma
NIM / NIP : K3213061
×

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan strategi yang digunakan adalah studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan: Informan, tempat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan : purposive sampling. Validitas data yang diperoleh dengan menggunakan teknik triangulasi data dan review informan. Teknik analisis data menggunakan model analisis mengalir atau flow model of analysis.yang meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian yang digunakan  yaitu tahap persiapan, tahap pengerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Proses pembelajaran dengan materi reklame teknik airbrush pada pelajaran seni budaya sudah berjalan dengan baik, guru menyampaikan materi tersebut dengan menggunakan empat metode pembelajaran yaitu: (1) metode ceramah, (2) metode demonstrasi, (3) metode pemberian tugas, (4) metode tanya jawab. 2. Permasalahan  yang dihadapi selama proses pembelajaran meliputi: (1) segi minat siswa, (2) segi media, (3) segi metode.   3. Karya  yang dihasilkan oleh siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri Bandarkedungmulyo bertema ilmu pengetahuan dan hidup sehat. Reklame tersebut merupakan seni rupa dua dimensi dan teknik yang digunakan untuk membuat karya reklame tersebut adalah teknik airbrush.

Kata Kunci: proses pembelajaran seni budaya, reklame, teknik airbrush

×
Penulis Utama : Utmaya Rahma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213061
Tahun : 2017
Judul : Studi tentang pembuatan reklame teknik “airbrush” pada pembelajaran seni budaya dikelas XI MIPA 3 SMA N Bandarkedungmulyo kabupaten Jombang tahun ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3213061-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edi Kurniadi, M.Pd
2. Endang Sri Handayani, S.Sn., M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.