Penulis Utama : Much Agung Saputra
NIM / NIP : S981308006
×

setelah pipa endotrakeal digunakan pada tindakan anestesi umum. Kejadian nyeri tenggorok dikurangi dengan pemberian agen lubrikasi. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan efektivitas triamcinolone asetonid krim dan lidokain jeli untuk mengurangi nyeri tenggorok paska anestesi umum dengan pipa endotrakea.
Metode : Penelitian dilakukan di Instalasi Bedah Pusat dan kamar rawat inap RSUD Dr. Moewardi Surakarta, dimulai pada bulan Maret sampai April 2017. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan double blind randomized control trial pada pasien yang dilakukan anestesi umum dan dipasang pipa endotrakea. Uji Mann Whitney U digunakan untuk mengolah data. Kelompok penelitian dibagi menjadi dua yaitu kelompok Triamcinolone acetonid krim (I), dan Lidokain jeli (II).
Hasil : Didapatkan perbedaan efektivitas penggunaaan Triamcinolone Acetonide krim dan lidokain jeli dalam mengurangi nyeri tenggorokan pada 1 jam, 6 jam dan 24 jam paska anestesi umum dengan intubasi endotrakea (p<0>Simpulan : Terdapat perbedaan efektivitas krim Triamcinolone Acetonide dengan lidokain jeli dalam mengurangi nyeri tenggorokan, batuk, dan suara serak mulai pada satu jam setelah intubasi endotrakea pada anestesi umum.
Kata kunci : Triamcinolone acetonide, lidokain, nyeri tenggorok

×
Penulis Utama : Much Agung Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S981308006
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan efektivitas triamcinolone acetonide krim dan lidokain jeli untuk mengurangi nyeri tenggorok paska anestesi umum dengan pipa endotrakea
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : PPDS Anestesi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Magister Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif -S981308006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Ardana Tri Arianto, Msi Med, SpAn, KNA
2. dr. Bambang N. Putro, SpAn, Mkes,Perf.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.