Penulis Utama : Faizal Muhammad
NIM / NIP : G0016073
×

ABSTRAK
Faizal Muhammad. G0016073. 2019. Skripsi. Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret.

Latar Belakang: Penurunan kesadaran merupakan kasus medis yang sering ditemui dan penyebabnya dapat berupa lesi struktural maupun lesi non-struktural. Pasien penurunan kesadaran di rumah sakit seringkali diperlakukan seolah-olah tidak mampu meminta kenyamanan terhadap nyeri yang dirasakan, sehingga perlu adanya terapi tambahan yang dapat mengurangi rasa nyeri pasien penurunan kesadaran. Bacaan Al Quran dan Musik Klasik telah terbukti menimbulkan relaksasi, mengurangi nyeri dan ansietas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bacaan Al Quran dan Musik Klasik terhadap skor Critical Pain Observation Tool (CPOT) dan skor Behavioural Pain Scale Non-Intubated (BPS-NI).
Metode: Penelitian quasi eksperimental ini merupakan penelitian pretest – posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 27 pasien penurunan kesadaran non-traumatik, terbagi dalam 3 kolompok (9 pasien per kelompok), yaitu kelompok kontrol (K), kelompok intervensi mendengarkan Al-Quran (AQ), dan Musik Klasik (MK). Intervensi dilakukan sebanyak 3 kali sehari selama 3 hari. Variabel numerik skor CPOT dan BPS-NI dianalisis dengan uji one-way ANOVA.
Hasil: Uji komparatif rerata selisih skor nyeri preintervensi dan postintervensi diperoleh signifikansi CPOT (p=0,000) dan BPS-NI (p=0,001). Uji post-hoc Tukey diperoleh hasil tidak signifikan (p>0,05) antara AQ dan MK, signifikan (p<0>Kesimpulan: Intervensi mendengarkan Al Quran dan Musik Klasik menurunkan skor CPOT dan BPS-NI pada pasien penurunan kesadaran.
Kata Kunci: AL QURAN, BEHAVIOURAL PAIN SCALE NON-INTUBATED, CRITICAL PAIN OBSERVATION TOOL, MUSIK KLASIK, PENURUNAN KESADARAN.

×
Penulis Utama : Faizal Muhammad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016073
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh bacaan al quran dan musik klasik terhadap skor critical pain observation tool (cpot) dan skor behavioural pain scale non-intubated (bps-ni) pada pasien penurunan kesadaran di high care unit Rumah Sakit UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jurusan Kedokteran-G0016073-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muchtar Hanafi, dr., M.Sc
2. Nanang Wiyono, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.