Penulis Utama : Nur Aditya Perdana Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313051
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan keterlibatan siswa dan penguasaan konsep biologi melalui penerapan model guided inquiry pada siswa kelas XI MIPA SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP Jur. Pendidikan Biologi-K4313051-2017
Subyek : PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian  bertujuan  untuk  meningkatkan  keterlibatan siswa dan penguasaan konsep biologi siswa kelas XI MIPA SMA melalui penerapan model pembelajaran Guided Inquiry.
Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan penerapan model Guided Inquiry.Prosedur penelitian menggunakan model spiral Kemmis dan Mc Taggart yaitu dalam satu siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian adalah 32siswa kelas XI MIPA salah satu SMA Negeri di Surakarta yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling.Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi dan wawancara.Validasi data menggunakan metode triangulasi metode.Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dan penguasaan konsep biologi dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Guided Inquiry.Peningkatan  keterlibatan  siswa  dan  penguasaan  konsep  biologidapat dilihat melalui hasil obsevasi dan tes dari Prasiklus hingga Siklus III.Rata-rata skor keterlibatan siswa pada prasiklus sebesar 4.47 poin, siklus I sebesar 6.44 poin, siklus II sebesar 10.22 poin dan siklus III sebesar 15.06 poin. Hasil tes menunjukkan bahwa rata- rata  skor  penguasaan  konsep  siswa  pada  prasiklus  sebesar  73.31%,  siklus  I  sebesar
79,84%, siklus II sebesar 84,38?n siklus III sebesar 84.06%. Peningkatan penguasaan konsep juga ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa yaitu tuntas KKM (?75). Pada prasiklus sebesar 41% (13 siswa) tuntas KKM, siklus I sebesar 78%  (25 siswa) tuntas KKM, siklus II sebsar 94% (30 siswa) tuntas KKM dan siklus III sebesar 100% siswa tuntas atau seluruh siswa telah mencapai KKM.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terjadi peningkatanketerlibatan siswa dan penguasaan konsep biologi siswa kelas XI MIPA SMA melalui penerapan model pembelajaran Guided Inquiry.

 

Kata kunci: keterlibatan siswa, penguasaan konsep, Guided Inquiry, penelitian tindakan kelas

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202002290859071005.jpg
BAB 0.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Maridi, M.Pd
2. Dewi PuspitaSari, S.Pd, M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP