Penulis Utama : Yoni Yuliawan Sumadi
NIM / NIP : K3513075
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan PC Cluster (Render farm) untuk rendering animasi 3D blender pada Laboratorium Kampus V UNS. Render farm dapat mempercepat proses rendering pada animasi 3D blender.
Penelitian ini memanfaatkan komputer yang ada di Laboratorium Kampus V UNS, untuk mengembangkan sistem Render farm. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menerapkan model pengembangan Network Development Life Cycle (NDLC) dari Goldman & Rawles yang telah dimodifikasi. Tahap-tahap pengembangan terdiri dari 1) Analisis. 2) Desain. 3) Implemetation. 4) Pengujian.
Hasil dari penelitian ini adalah sistem Render farm dapat meningkatkan kecepatan rendering animasi 3D blender. Hasil pengujian rendering terlihat bahwa dengan menambahkan komputer slave, maka akan makin cepat proses rendering. Hasil pengujian menggunakan 2 komputer slave, kecepatan rendering adalah 0.07 frame per seconds baik pada uji 1 ataupun uji 2. Kecepatan rendering menggunakan 4 komputer slave adalah 0.16 frame per seconds pada uji 1 dan 0.17 frame per seconds pada uji 2. Kecepatan rendering menggunakan 6 komputer slave adalah 0.26 frame per seconds pada uji 1 dan 0.25 frame per seconds pada uji 2. Berdasarkan hasil pengujian meningkatkan 2 kali kapasitas prosesor, akan meningkatkan 2 kali kecepatan rendering.
Kata kunci : render farm, rendering, Cluster

 

×
Penulis Utama : Yoni Yuliawan Sumadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513075
Tahun : 2017
Judul : Implementasi pc cluster (render farm) untuk rendering animasi 3d blender di lab komputer kampus V UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513075-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puspanda Hatta. Kom., M.Eng
2. Endar Suprih Wihidayat, S.T.,M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.