Penulis Utama : Yudha Rahadian
NIM / NIP : I0313103
×

Peran manusia sebagai sumber tenaga kerja pada industri saat ini masih didominasi oleh aktivitas manual material handling. Sementara Manual Material Handling berpotensi menyebabkan risiko beban berlebih. Telah dilakukan pengukuran level risiko di CV. A Class Surakarta menggunakan metode REBA. Pengukuran menunjukkan bahwa stasiun perakitan memiliki skor diatas sepuluh dan terindikasi memiliki risiko beban berlebih dan memerlukan tindakan sekarang juga. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang meja perakitan di CV. A Class untuk mengurangi risiko postur operator di stasiun perakitan.  
Kebutuhan perancangan desain meja berdasarkan tahapan Generic Product Development Process, memiliki empat tahapan. Tahap pertama adalah dengan melakukan identifikasi kebutuhan pelanggan yang terdiri dari observasi, analisis level risiko, dan wawancara. Tahap kedua adalah penetapan konsep dimana gagasan dari internal maupun eksternal peneliti disatukan. Kemudian dilakukan penilaian dan pemilihan konsep berdasarkan kebutuhan operator. Penetapan dimensi dan spesifikasi meja juga menuntut dilakukan agar konsep meja yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan operator dari segi ukuran dan kemampuan dalam penggunaan serta perawatan. Tahap terakhir yaitu melakukan analisis menggunakan simulasi untuk membuktikan adanya penuruna level risiko.
Telah dihasilkan desain meja dimana meja ini sudah mencakup permasalahan yang ada yaitu kemudahan penggunaan, pemilihan material, dan kemudahan perawatan dan pengoperasian. Fitur yang digunakan untuk kemudahan adalah fitur adjustable yang dimana ketinggian permukaan meja dapat diatur, kemudian material yang digunakan adalah plat besi karena mudah dibersihkan, sedangkan kemudahan perawatan dan pengoperasian menggunakan sistem kerja ulir yang sederhana, mudah perawatan, dan murah suku cadangnya. Kemudian dilakukan simulasi postur kerja menggunakan meja terpilih. Ditemukan penurunan level risiko postur kerja setelah penggunaan meja ini. Awalnya memiliki skor level risiko sebesar 12, kemudian berubah menjadi 7. Dengan begitu meja ini sudah sesuai dengan tujuan awal mengapa meja ini dibuat dan diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan operator saat beraktivitas.
     

Kata kunci: Postur kerja, penilaian risiko postur, konsep desain, pemilihan konsep

×
Penulis Utama : Yudha Rahadian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0313103
Tahun : 2017
Judul : Desain meja perakitan untuk mengurangi risiko postur operator di CV. A CLASS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I0313103-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irwan Iftadi, S.T., M.Eng
2. Rahmaniyah Dwi Astuti, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.