Penulis Utama : Rendy Ramadona
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8311069
Tahun : 2015
Judul : Pemanfaatan klobot jagung untuk pembuatan kertas
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F. teknik Prog. D III Teknik Kimia-I8311069 -2015
Subyek : KLOBOT JAGUNG
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kertas adalah kompresi serat yang berasal dari pulp dengan serat-serat selulosa yang saling berhubungan antar serat dan berbentuk lembaran. Untuk memenuhi kebutuhan kertas yang semakin meningkat setiap tahunnya, diperlukan kayu yang meningkat kebutuhannya setiap tahun karena kebanyakan perusahaan yang memproduksi kertas lebih memilih kayu sebagai bahan utama karena mudah ditemui dan didapatkan. Oleh karena itu diperlukan sumber alternatif bahan baku pengganti selulosa kayu dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan proses produksi yang digunakan ramah lingkungan.
Tujuan tugas akhir ini adalah membuat kertas dari selulosa kulit jagung untuk pembuatan kertas, dan menguji sifat fisik kertas yang dihasilkan meliputi kadar air, gramatur, ketahanan tarik dan ketebalan. Kulit jagung sebagai bahan baku kertas dipotong kecil-kecil dengan lebar dan panjang kira-kira 2cm dan limbah kertas yang sudah tidak dipakai dipotong kira-kira 2cm. Kemudian kertas direndam dengan CaCO3 (kapur) sebagai filler selama 3 hari dengan konsentrasi 0,12 gr/L, kemudian direbus selama 30 menit dengan soda caustic (NaOh) dengan konsentrasi 0,1 gr/L yang digunakan sebagai bahan baku dalam proses pulping. Setelah itu kertas dicuci dengan air untuk membersihkan pulp dan untuk menghilangkan lignin dan zat lain nya yg terkandung dalam pulp karena hanya selulosa yang akan digunakan dalam pembuatan kertas.
Kemudian dilanjutkan penambahan lem PVAc sebagai perekat. Hasil yang diperoleh dari 256 gram kulit jagung dan 256 gram limbah kertas menghasilkan lembaran kertas dengan ukuran 8,5 cm x 8,5 cm. rekat ke dalam pulp kertas kemudian di blender hingga membentuk bubur kertas. Selanjutnya bubur kertas dituangkan ke dalam screen sablon untuk dicetak dan dipress dengan dua screen sablon dan di ratakan dengan rackel sablon untuk mengurangi kadar air yang ada dalam bubur kertas. Kemudian dilakukan pengeringan dengan dijemur selama + 24 jam sampai kering.
Untuk mengetahui kualitas produk yang dihasilkan dilakukan cara analisis yaitu menentukan gramataur, kadar air, ketahanan tarik dan ketebalan. Semua sampel memenuhi karakteristik kertas karton duplex pada SNI 0123-2008 dengan harga karton duplex Rp. 88.900/pack isi 40pcs ukuran 33 x 39 cm/plano dan harga kertas kulit jagungRp. 72.300/pack isi 40pcs ukuran 33 x 39 cm/plano

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover TA.pdf
BAB 1 fixed klobot jaGUNG,.pdf
BAB II.pdf
bab_III.pdf
bab_IV.pdf
bab_V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mujtahid Kaavessina, S.T., M.T.Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik