Penulis Utama : Eliana Puspitasari
NIM / NIP : H0815034
×

Perikanan merupakan salah satu subsektor pertanian yang potensial untuk dikembangkan melalui agroindustri. Salah satu contoh dari agroindustri pangan yang  ada  di  Indonesia  yaitu  agroindustri  pengolahan  ikan  lele.  Ikan  lele merupakan jenis komoditas aquakultur berair tenang serta berlindir, licin dan berkumis ini begitu populer dan banyak dibudidayakan diberbagai daerah di Indonesia.  Kabupaten  Boyolali  memiliki  potensi  perikanan  yang  cukup  besar untuk usaha budidaya ikan lele. Usaha pengolahan ikan lele pada KUB Wanita Karmina merupakan salah satu usaha yang ada di Kabupaten Boyolali yang anggotanya adalah ibu-ibu rumah tangga di sekitar kampung lele.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya keuntungan, profitabilitas usaha, efisiensi dan nilai tambah dari usaha pengolahan ikan lele di KUB Wanita Karmina.  Metode  dasar  penelitian  yang  digunakan  adalah  metode  deskriptif. Penentuan tempat penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu KUB Wanita Karmina di Kabupaten Boyolali. Jenis data yang digunakan data primer dan data sekunder dengan teknik observasi, wawancara dan pencatatan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis usaha untuk mengetahui besarnya keuntungan, profitabilitas usaha, efisiensi dan nilai tambah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan yang diterima dari usaha pengolahan  ikan  lele  pada  KUB  Wanita  Karmina  dalam  satu  bulan  sebesar  Rp
3.874.637. Profitabilitas usaha pengolahan ikan pada KUB Wanita Karmina sebesar
19,6%. Efisiensi usaha pengolahan ikan lele pada KUB Wanita Karmina sebesar 1,19. Produk abon lele pada KUB Wanita Karmina memberikan nilai tambah sebesar Rp 7.867 dengan rasio nilai tambah 25,21 % dan produk keripik daging nilai tambah sebesar Rp 6.081 dengan rasio nilai tambah 21,79 %.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan pada KUB Wanita Karmina   adalah   melakukan   diversifikasi   produk   olahan   ikan   lele   dengan menambah varian produk yang lain, seperti dimsum ikan lele,rolade ikan lele dan lain sebagainya. Produk seperti kerupuk, nugget dan bakso bisa diproduksi lebih rutin lagi untuk meningkatkan pendapatan usaha, Sebaiknya promosi penjualan melalui media sosial maupun e-commerce perlu ditingkatkan dan diperbaiki untuk memperluas  pemasaran  serta pemerintah  daerah  melalui  Dinas  Perikanan  dan Peternakan  serta Dinas  Koperasi  dan  UMKM  Kabupaten  Boyolali  hendaknya mendukung pengembangan usaha dengan bantuan berupa mesin pemotong daging sehingga volume produksi dari usaha pengolahan ikan lele akan semakin meningkat.

 

×
Penulis Utama : Eliana Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0815034
Tahun : 2019
Judul : Analisis profitabilitas usaha dan nilai tambah produk olahan ikan lele pada kub wanita karmina di Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Prog Studi Agribisnis-H0815034-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti M.S.
2. Wiwit Rahayu S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.