Penulis Utama : Alla’ Junia Nurdin
NIM / NIP : K3515007
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital melalui Penerapan Model Pembelajaran Kumon dengan Strategi Active Learning siswa kelas X AXIOO SMK N 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AXIOO SMK N 5 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Kumon dengan Strategi Active Learning dapat meningkatkan hasil belajar Simulasi dan Komunikasi Digital pada siswa kelas X AXIOO SMK N 5 Surakarta. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik pada setiap siklusnya. Pada pratindakan rata-rata nilai tes kognitif siswa sebesar 72,44 dengan persentase ketuntasan 57,14%. Nilai afektif siswa yaitu 70 dapat dikategorikan kurang, sedangkan persentase ketuntasan afektif 66,66%. Rata-rata nilai psikomotorik siswa 75,92, persentase ketuntasan psikomotork siswa mencapai 46,43%. Pada siklus I, rata-rata nilai kognitif siswa mencapai 79,14 dengan persentase ketuntasan 75%. Nilai rata-rata psikomotorik mencapai 80,35, persentase ketuntasan siswa yaitu 60,71%, sedangkan nilai afektif mencapai 75 dapat dikategorikan baik dengan persentase ketuntasan 72,14%. Pada siklus II, nilai rata-rata kognitif meningkat menjadi 83,43 dengan persentase ketuntasan 82,14%, sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 90 dapat dikategorikan sangat baik dengan persentase ketuntasan 83,57% dan rata-rata nilai psikomotorik meningkat menjadi 84,21, nilai ketuntasan siswa yaitu 85,71%.
Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kumon dengan Strategi Active Learning dapat meningkatkan hasil belajar Simulasi dan Komunkasi Digital siswa kelas X AXIOO SMK N 5 Surakarta.

Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran Kumon dan Strategi Active Learning, Simulasi dan Komunkasi Digital.

 

×
Penulis Utama : Alla’ Junia Nurdin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3515007
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kumon dengan Strategi Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Axioo SMK Negeri 5 Surakarta pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Teknik Indormasi dan Komputer-K3515007-2019
Kata Kunci : hasil belajar, model pembelajaran Kumon dan Strategi Active Learning, Simulasi dan Komunkasi Digital.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Efendi, M.Pd.
2. Endar Suprih Wihidayat ST. M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.