Penulis Utama : Tiyasmono
NIM / NIP : X4709203
×

Abstrak

Tujuan Penelitian  ini adalah untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran tolak peluru siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri O I Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten  Pemalang  Tahun  Pelajaran 2010/2011  dengan  pendekatan  bermain  pada pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Penelitian   ini  menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber  data  dalam  penelitian  ini seluruh  siswa  kelas  V Sekolah  Dasar  Negeri  01 Kendaldoyong Kecamatan    Petarukan Kabupaten  Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011.   Subjek  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  V  Sekolah  Dasar  Negeri  01 Kendaldoyong    Kecamatan    Petarukan    Kabupaten Pemalang    Tahun    Pelajaran 2010/2011 berjumlah 40 siswa Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan pengukuran  kemampuan  gerak  dasar  lokomotor dan observasi  dari  proses  kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada  analisis  kualitatif.  Prosedur  penelitian  ini meliputi planning,  acting,  observasi dan reflecting.
Berdasarkan  basil penelitian  diperoleh  simpulan  bahwa pendekatan  bermain dalam  pembelajaran  Pendidikan  Jasmani  dapat  mengoptimalkan  kemampuan  gerak dasar  lokomotor   pada  siswa  kelas  V  SD  Negeri   01   Kendaldoyong   Kecamatan Petarukan Kabupaten  Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Dari basil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan  dari kondisi awal ke siklus akhir (siklus III) baik dari peningkatan kemampuan   gerak  dasar   lokomotor  maupun   nilai   ketuntasan   basil belajar.  Dengan menunjukkan nilai rata-rata pada tes awal 75,42 dan tes akhir (siklus III)  79,62.  Hal  ini  berarti mengalarni  peningkatan nilai  10,5  %,  sedangkan  basil angketnya  siswa yang menjawab  senang 34 siswa atau 85 %, yang menjawab  biasa• biasa saja 6 siswa atau 15 % dan yang menjawab tidak senang tidak ada atau 0%.
Dari  basil  penelitian  tindakan  kelas  ini  dapat  dijadikan  gambaran  ataupun masukan bagi sekolah, guru dan siswa bahwa melalui pendekatan bermain dalam pembelajaran dapat  meningkatkan  efektivitas pembelajaran Penjasorkes  serta dapat meningkatkan basil belajar siswa

×
Penulis Utama : Tiyasmono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4709203
Tahun : 2011
Judul : Peningkatan Pembelajaran Tolak Peluru dengan Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dan Rekreasi-X4709203-2011
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Mulyono, M.M .
2. Djoko Nugroho,S.Pd,M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.