Penulis Utama : Alfian Yusuf
NIM / NIP : K4214002
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur naskah sandiwara Pasinaon  karya  Hanindawan,  (2) kritik  sosial  yang terdapat  dalam naskah sandiwara Pasinaon karya Hanindawan berdasarkan resepsi pembaca, (3) nilai pendidikan karakter dalam naskah sandiwara Pasinaon karya Hanindawan berdasarkan resepsi pembaca, serta (4) relevansinya sebagai materi ajar di SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data struktur naskah sandiwara Pasinaon karya Hanindawan, kritik sosial dan nilai pendidikan karakter dalam naskah sandiwara Pasinaon karya Hanindawan berdasarkan resepsi pembaca.  Sumber  data  yang  digunakan  adalah  dokumen  yang  berupa  naskah drama Pasinaon dan narasumber atau informan yaitu ahli sastra, seniman teater, akademisi, dosen, guru, siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui analisis isi dokumen dan wawancara terstruktur untuk memperoleh data berupa resepsi pembaca terhadap naskah sandiwara Pasinaon. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi berupa sumber data, teori, dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif berupa pengumpulan
data, reduksi data, dan sajian data.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini: (1) terdapat adanya deskripsi struktural dalam naskah drama Pasinaon karangan Hanindawan meliputi tujuh aspek diantaranya plot, penokohan, perwatakan, latar, tema, dialog, dan amanat, (2) terdapat adanya kritik sosial yang terkandung dalam naskah drama Pasinaon berdasarkan resepsi pembaca yaitu meliputi kritik terhadap kesenjangan sosial dan pendidikan, kritik terhadap kebijakan pemerintah, kritik terhadap kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan belajar, kritik terhadap pemaknaan pendidikan yang kurang tepat, kritik terhadap strata sosial berdasarkan tingkat pendidikan, dan kritik terhadap pemikiran konservatif masyarakat. (3) terdapat adanya nilai pendidikan karakter yang baik yang terdapat pada naskah drama Pasinaon berdasarkan resepsi pembaca antara lain sikap disiplin, rasa ingin tahu, peduli sosial, berbakti, kerja keras, bijaksana, dan (4) Naskah drama Pasinaon karya Hanindawan memiliki cukup banyak relevansi sebagai materi ajar di SMP kelas IX semester 1 sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 yang di dalamnya termuat kompetensi dasar 3.3 menelaah naskah sandiwara yang mengacu pada aspek pengetahuan dan 4.3 menulis dan menyajikan naskah sandiwara yang mengacu pada aspek keterampilan.

Kata kunci: kritik sosial, nilai pendidikan karakter, resepsi sastra, materi ajar

×
Penulis Utama : Alfian Yusuf
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214002
Tahun : 2019
Judul : Kritik sosial dan nilai pendidikan karakter dalam naskah sandiwara Pasinaon karya Hanindawan serta relevansinya sebagai materi ajar di smp (suatu tinjauan resepsi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Bahasa Satra-K4214002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd
2. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.