Penulis Utama : Indri Astuti
NIM / NIP : H0206056
×

Abstrak

Air tanah menjadi   salah    satu    sumber    air   bersih,    namun    dengan peningkatan   pencemaran di lingkungan   tanah   mengakibatkan air tanah ikut tercemar. Kontaminan   yang  sering  ditemukan adalah Mn dan Fe. Metode  yang digunakan    untuk   pemurnian    air  tanah,   yaitu   dengan memanfaatkan   bakteri pengoksidasi    Mn2+   dan   Fe2+   yang   telah   terbukti   dapat   digunakan sebagai biokatalisator  dalam  reaksi  oksidasi   Mn2 dan Fe2 secara  biologis.Bakteri  ini diisolasi  dari nodul  Mn dan Fe dari tanah  sawah  Oxisol.  Pada tanah Oxisol  nodul Fe  lebih  banyak  ditemukan   dari  pada  nodul  Mn, karena  kation-kation termasuk Mn telah tercuci dan meninggalkan sesquoksida Fe-Al.
Tujuan  penelitian adalah untuk mengisolasi  dan menyeleksi  bakteri pengoksidasi  Mn2+ dan  Fe2+  dari  tanah  sawah  Oxisol yang  efektif  menurunkan kosentrasi  Mn2+ dan Fe2+ air tanah.
Penelitian   ini  menggunakan   Rancangan   Acak   Lengkap   (RAL)   faktor tunggal  yaitu aplikasi  konsorsium  bakteri pengoksidasi Mn2+ dan  Fe2+ dari tanah sawah  Oxisol.  Penelitian  awal yaitu  mengeksplorasi keanekaragaman bakteri  pada sampel  tanah  sawah  Oxisol dan air tanah  Oxisol,  kemudian  diuji  kemampuannya dalam  mengoksidasi Mn2+ dan Fe2+. Bakteri yang menunjukkan tipe oksidasi  yang sama  dijadikan  satu  konsorsium.   Konsorsiurn  bakteri  ini  diaplikasikan ke dalam botol  perlakuan  yang telah  berisi  air tanah yang  mengandung kadar  kelarutan  Mn dan  Fe  tinggi,  diinkubasi   selama  25  hari.  Pada  akhir  inkubasi  dianalisis   kadar Mn2 dan  Fe2 air  tanah  secara  terpisah  pada  masing-rnasing  perlakuan  dengan spektrofotometer  serapan  atom  (SSA).  pH air  tanah  diukur  setelah  analisis  kadar Mn2+ dan Fe2+.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  perlakuan  penambahan  bakteri  Mn tipe  2  dan  perlakuan   penambahan  bakteri  Mn  gabun!an  merupakan   perlakuan yang  paling  efektif dalam  menurunkan  kosentrasi   Mn + air tanah  dan  perlakuan penambahan konsorsium    bakteri   Fe   gabungan   +  Mn   gabungan    merupakan perlakuan   yang   paling   efektif  dalam   menurunkan    kosentrasi   Fe2 air tanah, meskipun  belum memenuhi  standar baku mutu air minurn.

Kata Kunci : Tanah  sawah  Oxisol,  Konsorsium   bakteri  pengoksidasi  Mn2+  dan
Fe2  ,  Pemumian  air tanah

×
Penulis Utama : Indri Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0206056
Tahun : 2010
Judul : Pemurnian Air Tanah secara Biologis dengan Konsorsium Bakteri Pengoksidasi Mn2+ dan Fe2+ dari Tanah Sawah Oxisol Tuntang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2010
Program Studi : S-1 Ilmu Tanah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Ilmu Tanah-H0206056-2010
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dwi Priyo Ariyanto, SP. MSc.
2. Ir. Sumani, MSi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.