Penulis Utama : Ratna Nisrina Puspitasari
NIM / NIP : K1215039
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) latar belakang kepengarangan novel Gadis Pantai ; (2) pengungkapan sistem kehidupan budaya Jawa; (3) tanggapan pembaca novel Gadis Pantai; (4) nilai sosial dalam novel Gadis Pantai; dan (5) relevansi novel Gadis Pantai sebagai materi pembelajaran sastra di SMA.
Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara. Validitas data dilakukan dengan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) latar belakang kepengarangan novel Gadis Pantai yang berkaitan erat dengan latar beakang keluarga dan sosial; (2) pengungkapan sistem kehidupan budaya Jawa, antara lain penggunaan bahasa masyarakat jawa disesuaikan dengan kedudukan, umur, status, dan tingkat keakraban, sistem pengetahuan masyarakat jawa yang beralkulturasi dengan sistem pengetahuan kolonial belanda, sistem kemasyarakatan masyarakat jawa menganut sistem feodalisme yang kuat, sistem teknologi dan peralatan yang bekembang pada kehidupan masyarakat jawa mengalami perkembangan, mata pencaharian masyarakat jawa dipengaruhi oleh kondisi geografis dan alam sekitarnya, sistem kepercayaan dan agama masyarakat jawa dipengaruhi oleh budaya animisme dan dinamisme, keragaman kesenian yang berkembang pada masyarakat jawa; (3) tanggapan pembaca novel Gadis Pantai yang beragam; (4) nilai sosial yang meliputi nilai ketekunan/kerja keras, nilai kejujuran, nilai tolong menolong, nilai kesopanan, nilai individu. Nilai sosial yang dominan adalah nilai tolong menolong dan individu; (5) novel Gadis Pantai dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra di SMA pada kelas X, XI, dan XII, khususnya pada pembelajaran pada KD 3.7 dan 4.7 di kelas XI peminatan serta KD 3.8 dan KD 4.8 di kelas XII wajib.


Kata kunci : budaya Jawa, nilai sosial, novel Gadis Pantai, materi pembelajaran sastra

×
Penulis Utama : Ratna Nisrina Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215039
Tahun : 2019
Judul : Kajian unsur-unsur budaya jawa dan nilai sosial novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer serta relevansinya dengan materi pembelajaran sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sastra Indonesia-K1215039-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M. Pd.
2. Drs. Slamet Mulyono, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.