Penulis Utama : Nuzul Kun Rahendra
NIM / NIP : K1514058
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk merancang rumah hijau pada rumah sederhana hijau tipe 60/120 m2 berdasarkan greenship homes GBCI (Green Building Council Indonesia) sebagai bahan ajar mata kuliah kontruksi bangunan gedung dengan menghasilkan sebuah desain beserta analisis, maket, dan rencana anggaran biaya rumah sederhana hijau.

Metode penelitian ini menggunakan metode research and development. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus V UNS Pabelan. Penelitian ini dibagi menjadi empat tahap yaitu 1) studi literatur yang dilakukan dengan wawancara maupun bimbingan ahli arsitektur dan ahli lingkungan; 2) tahap perancangan desain rumah sederhana hijau yang terdiri dari perencanaan dan perancangan desain; 3) tahap evaluasi desain dilaksanakan melalui pengumpulan data dengan metode delphi dari para ahli dan self assesment pada greenship homes melalui website resmi lembanga GBCI;  4) tahap desain ulang dilaksanakan berdasarkan masukan-masukan para ahli dan self assesment.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa total poin yang didapatkan dari self assesment adalah 76 poin, dengan rating platinum. Dengan demikian rumah sederhana hijau tipe 60/120 m2 yang direncanakan dan didesain termasuk dalam rumah greenship homes, serta menghasilkan sebuah maket dan rencana anggaran biaya rumah sederhana hijau tipe 60/120 m2.

Kata Kunci: greenship homes, self assesment, metode research and development, maket, dan rencana anggaran biay

×
Penulis Utama : Nuzul Kun Rahendra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514058
Tahun : 2019
Judul : Model Rumah Sederhana Hijau Berdasarkan Greenship Homes Gbci (Green Building Council Indonesia) sebagai Bahan Ajar Mata Kuliah Kontruksi Bangunan Gedung
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Teknik Bangunan-K1514058-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ernawati Sri Sunarsih, S.T., M.Eng.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.