Penulis Utama : Rahma Daini
NIM / NIP : R0016103
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Setiap kegiatan produksi pasti menghasilkan limbah, salah satu limbah yang dihasilkan adalah limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan pengelolaan limbah B3 di PT. Kimia Farma Plant Jakarta yang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara memberikan deskripsi/gambaran mengenai pengelolaan limbah B3 di PT. Kimia Farma yang dilakukan melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dibandingkan dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Hasil : PT. Kimia Farma Plant Jakarta telah melakukan pengelolaan limbah B3 yang meliputi identifikasi limbah B3, perizinan limbah B3 dan pengelolaan limbah B3 yang meliputi: pengemasan dan pengumpulan, penyimpanan sementara, pelabelan dan simbol, pengangkutan limbah B3 oleh pihak ketiga, rekapitulasi data/pencatatan jenis dan volume limbah B3, serta reporting/pelaporan limbah B3.

Simpulan : Identifikasi limbah B3 telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk perizinan pengelolaan limbah B3, petugas pengelola limbah B3 belum dibekali training tentang pengelolaan limbah B3. PT. Kimia Farma Plant Jakarta telah menerapkan pengelolaan limbah B3, tetapi belum menyusun prosedur khusus untuk tiap tahapan mengenai penyimpanan sementara limbah B3 dan penerapan housekeeping yang masih diperlukan evaluasi.

Kata Kunci : Pengelolaan Limbah B

×
Penulis Utama : Rahma Daini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016103
Tahun : 2019
Judul : Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Pt. Kimia Farma Plant Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Hiperkes Dan Keselamatan Kerja-R0016103-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Cr. Siti Utari, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.