Penulis Utama : Izzatul Hasanah
NIM / NIP : S831408020
×

Penelitian yang dilakukanbertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan modul fisika suhu dan kalor berbasis project based learninguntuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa MA Al Islam Surakarta, (2) mengetahui karakteristik modul fisika suhu dan kalor berbasis project based learning, (3) mengetahui kelayakan modul fisika suhu dan kalor berbasis project based learning, dan (4) mengetahui efektivitas modul fisika suhu dan kalor berbasis project based learning.
Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Merupakan penelitian deskriptif dengan mengembangkan suatu produk berupa modul pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor berbasis project based learning. Langkah pengembangan menggunakan model ADDIE. Sumber data diperoleh dari validitas modul. Jenis data terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar validasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan hasil validitas oleh validator ahli dan peer reviewer untuk analisis kelayakan modul dan menggunakan N-Gain untuk ketercapaian keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul fisika dikembangkan berdasarkan komponen pembelajaran project based learning dengan format kriteria modul yang diadaptasi dari Vembriarto dan merujuk pada standar yang ditetapkan oleh BSNP tentang standar pengembangan modul dan buku teks. Pengembangan modul fisika berbasis project based learning pada materi suhu dan kalor menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi analyze, design, development, implementation, and evaluation, (2) modul fisika disusun dengan karakteristik sesuai dengan kurikulum 2013 menggunakan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, dan kisis-kisi keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis yang disusun dengan sintaks project based learning yaitu menentukan pertanyaan mendasar, menyusun perencanaan proyek, menyusun jadwal, monitoring, menguji hasil dan evaluasi pengalaman untuk meningkatkan keterampilan proses sains dengan aspek observasi, interpretasi, prediksi, merencanakan eksperimen, aplikasi dan evaluasi serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan aspek mensintesis, menganalisis, mengenal masalah, memecahkan masalah, menyimpulkan dan mengevaluasi, (3) modul fisika divalidasi oleh validator ahli dan peer reviewer. Berdasarkan hasil validasi oleh validator materi berskor 2,9 dengan kategori baik, validator media 3,6 berkategori sangat baik, validator pembelajaran 3,0 berkategori baik dan validator bahasa 3,8 berkategori sangat baik.  Dan hasil validasi peer reviewer berskor 2,9 dengan kategori baik. Hasil uji pakai user yaitu siswa kelas X MIA MA Al Islam Surakarta berskor 3,6 dengan kategori sangat baik.  Sehingga menunjukkan bahwa modul fisika berbasis project based learning pada materi suhu dan kalor layak digunakan, dan (4) modul fisika dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa secara efektif. Untuk penilaian aspek kognitif terbukti dari n-gain nilai hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh siswa. Keterampilan proses sains indikator observasi mempunyai gain 0,5 dengan kategori sedang, interpretasi 0,4 berkategori rendah, merencanakan eksperimen 0,7 berkategori tinggi, prediksi 0,5 berkategori sedang, aplikasi 0,5 berkategori sedang, evaluasi 0,8 berkategori tinggi. Kemampuan berpikir kritis indikator mensintesis mempunyai gain 0,5 berkategori sedang, menganalisis 0,9 berkategori sangat tinggi, mengenal masalah 0,6 berkategori sedang, memecahkan masalah 0,6 berkategori sedang, menyimpulkan 0,5 berkategori sedang, mengevaluasi 0,8 berkategori tinggi. Untuk penilaian aspek keterampilan kelompok 1 berskor 3,33 dengan kategori sangat berhasil, kelompok 2 berskor 3,56 dengan kategori sangat berhasil, kelompok 3 berskor 3,44 dengan kategori sangat berhasil. Untuk penilaian aspek sikap rata-rata keseluruhan siswa berskor 3,2 dengan kategori baik.

 

×
Penulis Utama : Izzatul Hasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831408020
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Modul Suhu Dan Kalor Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/ MA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Sains-S831408020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S. Pd., M. Si
2. Dr. M. Masykuri, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.