Penulis Utama : Antonius Dano Lukito
NIM / NIP : X4709011
×

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki   peran  penting  yaitu   memberikan   kepada   anak  didik  untuk  terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani yang dilakukan secara sisternatis. Salah satu materi yang diajarkan pada mata pelajaran Pendidikan  Jasmani,  Olahraga  dan  Kesehatan  di  tingkat  Sekolah  Dasar  adalah bola  voli  mini.  Dalam  pembelajaran  ini,  guru  seringkali  mengalarni  hambatan yang menyebabkan kemampuan dasar siswa rendah, kbususnya kemampuan melakukan servis atas. Rumusan  masalah  ini adalah apakah penerapan perrnainan bola tembak dapat meningkatkan kemampuan servis atas bola voli mini pada .siswa kelas IV SD Negeri Blimbing Banjamegara?
Tujuan  penelitian   ini  adalah  untuk   mengetahui   apakah  permainan   bola
tembak dapat meningkatkan kemampuan  belajar servis atas di kelas IV SD Negeri Blimbing   Kabupaten   Banjarnegara.   Lokasi   penelitian   ini   adalah   SD  Negeri Blimbing,  Kecamatan  Mandiraja, Kabupaten  Banjarnegara. Penelitian  ini dilaksanakan  pada  semester genap tahun  pelajaran  2010/2011.  Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas IV  SD Negeri Blimbing. Metode  pengumpulan  data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil   penelitian ini menunjukkan   bahwa   penerapan   permainan   bola tembak dapat meningkatkan kemampuan  dasar servis atas pada siswa kelas IV SD Negeri Blimbing.  Kemampuan  kognitif yang dicapai pada akhir siklus II sebesar 82,60%, kemampuan  psikomotorik  yang dicapai sebesar 86,95% dan kemampuan afektif sebesar 91,30%.
Berdasarkan   hasil  penelitian  tersebut,  penulis  memberikan  saran  antara lain siswa bendaknya dapat meningkatkan motivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan guru hendaknya dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan  sehingga  anak tidak merasa terbebani dan tidak  merasa takut jika melakukan  kesalahan  serta  barns  dapat  memotivasi  siswa  terutama  jika  siswa dalam kondisi emosi yang tidak stabil.

Kata Kunci : Bola voli, bola tembak, permainan, kognitif, psikomotorik, afektif

×
Penulis Utama : Antonius Dano Lukito
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4709011
Tahun : 2011
Judul : Upaya Peningkatan Kemampuan Dasar Servis Atas Bola Volly Mini Melalui Permainan Bola Tembak Kelas IV SDV Blimbing Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2010/2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dan Rekreasi-X4709011-2011
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Beru Suranto, M.Pd.
2. Febriani Fajar Ekawati, S.Pd.M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.