Penulis Utama : Tri Wahyu Susilo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231508018
Tahun : 2017
Judul : Story Telling Dalam Budaya Organisasi (Story Telling Humas PT. Dirgantara Indonesia (Persero) Dalam Mempertahankan Nilai-nilai Budaya Organisasi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Ilmu Komunikasi-S231508018-2017
Subyek : STORY TELLING
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Story Telling di dalam menanamkan nilai-nilai budaya kerja yang positif di perusahaan PT. Dirgantara sangat menarik untuk dikaji karena dengan budaya organisasi ini bisa membawa PT. Dirgantara lepas dari krisis dan saat ini mampu berkembang menjadi perusahaan dirgantara satu- satunya di Asia Tenggara milik pemerintah dan bisa bersaing di pasar global industri penerbangan di Dunia.
Tujuan Penelitian ini  yaitu; 1). Proses story Telling organisasi Humas  PT. Dirgantara Indonesia dan melihat siapa yang menjadi komuniktor baik inisiator maupun penerima dari storytelling, 2). Jenis-jenis storytelling di dalam organisasi Humas PT. Dirgantara Indonesia, 3). Cara pengemasan atau produksi pesan story telling di dalam organisasi Humas PT. Dirgantara Indonesia, 4). Penerimaan pesan-pesan story telling tentang PT. Dirgantantara Indonesia di kalangan karyawan.
Aspek komunikasi penelitian ini begitu menarik karena akan mengungkap bagaimana kegiatan budaya organisasi yang ada di perusahaan penerbangan milik pemerintah Indonesia yang sudah berkelas dunia. Pendekatan teori produksi pesan yang disampaikan oleh Barbara O’Keefe juga penerimaan berdasarkan teori Elaborasi atau Elaboration Likelihood Theory   (ELT) yang disampaikan oleh Petty & Cacioppo akan digunakan penulis untuk melihat kegiatan story telling Humas PT. Dirgantara Indonesia dalam menanamkan dan mempertahankan nilai-nilai budaya kerja di perusahaan.
Metode penelitian ini menngunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus studi kasus intrinsik (intrinsic case study) yaitu meneliti kasus untuk memahami secara lebih baik dan mendalam tentang story telling yang dilakukan Humas PT. Dirgantara Indonesia.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Humas PT. Dirgantara Indonesia sebagai komunikator mampu menjalankan perannya dalam proses penyampaian story telling kepada karyawan. Komponen yang berperan besar dalam penyampaian story telling yaitu Kredibilitas Komunikator (dapat di percaya, mempunyai power), Karakteristik Komunikator (jujur, terbuka, menghargai orang lain), Kompetensi (kemampuan bahasa, publik speaking, negosiasi). 2) Bentuk story telling di dalam budaya organisasi di PT. Dirgantara Indonesia adalah formal, karena di lakukan ketika kegiatan training atau On The Job Training (OJT) karyawan baru. 3). Produksi pesan story telling berdasarkan teori Produksi Pesan (Barbara O’Keefe) yang di sampaikan komunikator atau Humas PT. Dirgantara Indonesia yaitu, Pertama, tema fantasi berupa nilai-nilai positif dari BJ. Habibie yang menghasilkan pesan story telling menekankan dengan emosional, intonasi, gesture dan penguasaan materi. Kedua, tema fantasi berupa motivasi, yang menghasilkan
produksi pesan story telling kerja keras, rasa memiliki perusahaan dan rasa bertanggung jawab. 4). Penerimaan  (reception)  pesan  berdasarkan  teori  Elaboration  Likelihood  Theory  (Petty  & Cacioppo) yang terjadi di karyawan PT. Dirgantara Indonesia menyatakan bahwa berada pada posisi Strong Arguments.
Saran penelitian ini yaitu ke depannya bisa menjangkau akses hingga level Direktur Utama dalam proses story telling di PT. Dirgantara Indonesia. Jika penelitian ini dilakukan di tempat lain baik perusahaan BUMN atau swasta sangat memungkinkan sekali dan bisa menambah referensi penelitian dengan tema story telling di dalam budaya organisasi.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari,. M.Si., Ph.D
2. Dr. Andre N. Rahmanto, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana