Penulis Utama : Nindy Aulia Prasasti
NIM / NIP : D1414042
×

Abstrak

Sebelum menyusun Tugas Akhir ini, penulis melakukan Kuliah Kerja Media selama dua bulan  dari tanggal 1 Maret 2017 sampai dengan 29 April 2017 di LPP TVRI Nasional. Dengan adanya Kuliah Kerja Media ini diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang di dapat saat kuliah pada salah satu bagian sebuah instansi.

Dalam kuliah kerja media ini, penulis tertarik  untuk mendalami dunia pertelevisian khususnya di bidang pemberitaan. LPP TVRI Nasional, penulis pilih untuk  menimba  ilmu  karena  LPP  TVRI  Nasional  mengemban  tugas  sebagai televisi yang mengangkat citra bangsa melalui penyelenggaraan penyiaran peristiwa yang berskala internasional dan bersifat netral atau tidak memihak. Dalam persaingan dunia yang semakin ketat dalam penyampaian informasi, LPP TVRI mampu menyebarkan informasi kepada masyarakat dan mampu bersaing dengan media televisi yang lain dengan menyajikan sebuah berita dengan cepat, tepat,  aktual,  dan  informatif  tentunya  sesuai  kode  etik  jurnalistik  untuk  di suguhkan kepada masyarakat.

Di dalam dunia pertelevisian, bidang pemberitaan mempunyai peran yang sangat penting untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Definisi berita sendiri yaitu suatu fakta atau ide atau opini aktual yang menarik dan akurat serta dianggap penting bagi sejumlah besar pembaca, pendengar atau penonton. Selain itu, dalam bidang pemberitaan peran  reporter juga sangatlah penting,  seorang reporter haruslah orang  yang terlatih dengan baik dalam menyelidiki  maupun mengumpulkan bahan berita, mulai dari pengembangan informasi menuju ke arah fakta yang akhirnya akan menjadi sebuah laporan menarik untuk dapat diterima penontonnya. Dengan demikian ia harus memiliki sense of news yang tinggi.

Kesimpulan, penulisan naskah   berita harus meliputi unsur 5W+1H, memperhatikan lead atau kepala berita yang harus menuliskan inti beritanya saja dan harus singkat namun jelas, penulisan naskah berita hendaknya menggunakan kata-kata yang sederhana agar mudah di mengerti oleh penonton, Selain meliput kejadian, seorang reporter juga bertanggung jawab membuat naskah liputan, yang kemudian diserahkan kepada koordinator liputan dan produser yang akan diedit dan akhirnya berita tersebut dapat ditayangkan.

×
Penulis Utama : Nindy Aulia Prasasti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1414042
Tahun : 2017
Judul : Peran Reporter dalam Penulisan Naskah Berita di LPP TVRI Nasional
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1414042-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lipuring Tyas W, M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.