Penulis Utama : Parjianto
NIM / NIP : S031502017
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam administrasi kelas pada guru SD Negeri Gumpang 03 UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kartasura Tahun Pelajaran 2017/ 2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan kepala sekolah SD Negeri Gumpang 03 UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kartasura yang berjumlah 10 guru. Sumber data berasaldari guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan checklist. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai empat komponen yaitu: pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil supervisi sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan serta bimbingan secara individu dan kelompok, kinerja guru dalam administrasi diketahui pada kondisi awal sebesar3 orang guru dari 10  guru orang yang mendapat predikat baik (3) atau 30% meningkat menjadi 6 orang guru atau 60% pada akhir tindakan iklus I, kemudian meningkat menjadi 9 orang guru atau 90% pada akhir Siklus II. Kinerja guru dalam administrasi pembelajaran mengalami kenaikan yang signifikan berkat gaya kepemimpinan transformasional dan supervisi pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gaya kepemimpinan transformasional dan supervisi pendidikan dapat meningkatkan kinerja guru dalam administrasi kelas pada guruSD Negeri Gumpang 03 UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kartasura Tahun Pelajaran 2017/ 2018.

Kata Kunci: Kinerja guru, administrasi pembelajaran, gaya kepemimpinan transformasional, supervisi pendidikan

 

×
Penulis Utama : Parjianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031502017
Tahun : 2019
Judul : Upaya Meningkatan Kinerja Guru Dalam Administrasi Kelasmelalui Penggunaan Gaya Kepemimpinan Transformasiona Dan Supervisi Pendidikan pada SD Negeri Gumpang 03 Uptd Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kartasura Tahun Pelajaran 2017/ 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Guru SekolahDasar - S031502017- 2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Roemintoyo, M.Pd
2. Dr. Winarno, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.