Penulis Utama : Yanus Purwansyah Sriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231408015
Tahun : 2019
Judul : Produksi Pesan dalam Framing Media Analisis FramingPemberitaan Kampanye Paslon Basuki-Djarot dan Anies-Sandi pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 di surat kabar Media Indonesia (MI) dan Kompas, periode Maret hingga April 2017.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prog. Magister Ilmu Komunikasi - S231408015 - 2019
Subyek : FRAMING MEDIA, PILKADA DKI 2017
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Yanus Purwansyah Sriyanto. NIM : S231408015, 2019, PRODUKSI PESAN DALAM FRAMING MEDIA(Analisis Framing Pemberitaan Kampanye Paslon Basuki-Djarot dan Anies-Sandi pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 di surat kabar Media Indonesia (MI) dan Kompas, periode Maret hingga April 2017), TESIS, Pembimbing 1 : Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Pembimbing 2 : Drs. Ahmad Adib,   M.Hum.,   Ph.D,   Program   Studi   Magister   Ilmu   Komunikasi,   FISIP Universitas Sebelas Maret (UNS).
Pelaksanaan Pilkada  DKI 2017  menyita  perhatian  publik  dan  media  hingga mengalahkan 100 pilkada serentak lainnya. Setelah paslon Agus-Sylvi kalah di putaran pertama, persaingan hanya menyisakan Basuki-Djarot dan Anies-Sandi.Persaingan putaran kedua terasa sangat panas dengan dibumbui isu-isu SARA. Fakta bahwa pilkada DKI 2017 sangat prestisius membuat surat kabar Media Indonesia (MI) membuat rubrik atau halaman baru dengan nama ”Pilkada DKI” untuk mengakomodasi liputan-liputan persaingan kedua kandidat. Namun apa yang dilakukan Media Indonesia (MI) bertolak belakang dengan Kompas.Pada level teks, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran detail tentang frame pemberitaan kampanye Basuki-Djarot dan Anies-Sandi pada Pilkada DKI Jakarta 2017 di kolom “Pilkada DKI” Media Indonesia (MI) dan rubrik “Metropolitan” Kompas. Sementara pada level konteks, bertujuan untuk mengetahui alasan dibalik proses produksi pesan berita kampanye Basuki-Djarot dan Anies-Sandi di  Pilkada DKI Jakarta 2017  yang dilakukan oleh redaksi (wartawan) Media   Indonesia   (MI)   dan   Kompas.Untuk   menjawab   penelitian   ini   peneliti menggunakan metode analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Data penelitian pemberitaan pilkada DKI Jakarta 2017 diambil dari berita di Media Indonesia dan Kompas selama periode bulan Maret 2017 sampai dengan April 2017, yang berjumlah 30 berita. Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara 3 orang wartawan dari Media Indonesia dan 1 redaktur dari dari masing-masing kedua media tersebut.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara penyeleksian data, klasifikasi data, merumuskan hasil penelitian dan menganalisa hasil data. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Media Indonesia (MI) secara tegas menunjukkan arah legitimasi dukungan kepada paslon paslon Basuki-Djarot. Pada level teks, dukungan MI dapat diamati dari beberapa narasi berita yang muncul adalah narasi-narasi positif tentang petahana, diantaranya membangun keyakinan publik dengan menekankan komitmen dukungan parpol koalisi. MI menegaskan dukungan ormas dan parpol Islam (NU dan GP Ansor) kepada petahana. Terkait isu SARA, Media Indonesia (MI) dan Kompas sama-sama memunculkan narasi menolak isu SARA. Debat kandidat dan program unggulan, Media Indonesia (MI) memberikan label positif kepada program petahana, yaitu label “pro rakyat”, sementara program Anies-Sandi “program tidak jelas”. Pada level konteks, narasi berita Media Indonesia (MI) terlihat sangat ekspresif sedangkan Kompas lebih konvensional. Media Indonesia (MI) dan Kompas memandang bahwa Pilkada DKI 2017 merupakan barometer pilkada di Indonesia sehingga normal ketika perhatian media dan publik besar.

Kata kunci : Framing Media, Pilkada DKI 2017

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo
2. Drs. Ahmad Adib, M.Hum., Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana