Penulis Utama : Ronnawan Juniatmoko
NIM / NIP : A131308006
×

ABSTRAK

Penetapan kawasan Kota Caruban menjadi Ibukota Kabupaten Madiun menuntut adanya penyediaan  lahan  untuk  mendukung fungsinya  sebagai  ibukota  kabupaten.  Pemerintah Daerah harus menyediakan RTH publik sebesar 20 ?ri luas total kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suhu Ruang Terbuka Hijau di Kota Caruban, mengkaji kondisi suhu yang memenuhi suhu ideal pada RTH di Kota Caruban dan mengkaji daya tampung lingkungan berdasarkan perhitungan daya dukung lingkungan pada Ruang Terbuka Hijau di kawasan Kota Caruban.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dengan pendekatan observasi partisipatif. Analisis suhu menggunakan analisis suhu ideal dengan menggunakan rumus Thom, analisis penutupan lahan dengan cropping dan digitasi citra ikonos, analisis kebutuhan RTH ditinjau dari luas wilayah, jumlah penduduk dan kebutuhan oksigen dengan metode gerakis. Tempat penelitian dilakukan pada 7 tempat yang merupakan RTH Publik dan pengukuran suhu dilakukan selama 3 hari.
Hasil penelitian tersebut, suhu ideal Kota Caruban antara 24,9°C - 27,5°C. Suhu rata- rata pada pagi hari 24,8°C, suhu rata- rata pada siang hari 31,7°C dan suhu rata- rata pada sore hari 26,3°C. Kondisi suhu cukup sejuk untuk ke enam lokasi, dengan suhu ideal untuk kategori sejuk antara 25,8°C – 26,9°C, sedangkan dengan kategori agak dingin bersuhu 24,
9°C, dan satu lokasi agak panas terletak di Jalan Ahmad Yani jalan arteri primer Solo- Surabaya pada suhu ideal antara 27,3°C- 27,5°C. Luas RTH Kota Caruban 87,20 hektar, masih belum memenuhi kebutuhan RTH Ideal seluas 132,86 hektar. Daya dukung lingkungan berdasarkan RTH Kota Caruban sejumlah 6.320 batang pohon. Daya tampung Kota Caruban sebesar 7.886 batang pohon. Kekurangan RTH berdasarkan kebutuhan oksigen seluas 45,66 hektar, dan kekurangan pohon sejumlah 1.546 batang pohon.

Kata Kunci: Daya Dukung, RTH, Suhu, Oksigen

 

×
Penulis Utama : Ronnawan Juniatmoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A131308006
Tahun : 2017
Judul : Daya Dukung Lingkungan Berdasarkan Ruang Terbuka Hijau di Kota Caruban, Provinsi Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Lingkungan
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Lingkungan -A131308006 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. MTh. Sri Budiastuti, M.Si
2. Dr. Prabang Setyono, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.