Penulis Utama : Wiwin Winarni
NIM / NIP : K6414056
×

ABSTRAK

Wiwin Winarni. K6414056. UPAYA PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN MELALUI PENDAMPINGAN BELAJAR OLEH PIJAR AKSARA DI DESA BRONTOWIRYAN NGABEYAN KARTASURA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Januari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pendampingan belajar yang dilakukan oleh Pijar Aksara, 2) Hambatan yang dihadapi oleh Pijar Aksara dalam pendampingan belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan data yang diperoleh dilapangan dan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Simpulan hasil penelitian: 1) Proses pendampingan belajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh Pijar Aksara dalam upaya pemenuhan hak pendidikan anak-anak di desa Brontowiryan, Ngabeyan, Kartasura. Pendampingan belajar yang diberikan kepada anak-anak di desa Brontowiryan dilakukan terbagi menjadi beberapa jeni. Pertama dengan melakukan kegiatan pendampingan kepada anak-anak yang terbagi menjadi beberapa kelas seperti kelas KBM, Kelas Lingkungan, Kelas Pembentukan Karakter dan Kelas Aksara. Kedua melalui pengelompokkan kepada anak-anak yang akan diberikan pendampingan sesuai dengan tingkatan. Ketiga dengan melakukan evaluasi secara fleksibel dan terstruktur antara kakak pendamping, anak-anak dan juga orang tua atau wali murid, terakhir sesuai dengan tujuannya yaitu pemenuhan hak pendidikan melalui pendampingan belajar. 2) Hambatan yang dihadapi oleh Pijar Aksara dalam pendampingan belajar dikelompokan menjadi dua yaitu: a) Faktor internal yaitu faktor hambatan yang berasal dari individu itu sendiri atau hambatan dari dalam. Dalam hal ini berkaitan dengan kondisi dari dalam organisasi Pijar Aksara yang masih kurang dalam pemenuhan jumlah kakak pendamping untuk ikut serta dalam pendampingan belajar kepada anak-anak; b) Faktor eksternal atau luar. Faktor eksternal disini berkaitan dengan kendala terkait lingkungan dan sarana prasarana yang kurang memadai untuk proses pendampingan belajar, mengingat komunitas Pijar Aksara sendiri merupakan komunitas non profit.
 
Kata Kunci: Hak Warga Negara, Hak Pendidikan , Pendampingan Belajar.

 

×
Penulis Utama : Wiwin Winarni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6414056
Tahun : 2019
Judul : Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Melalui Pendampingan Belajar Oleh Pijar Aksara Di Desa Brontowiryan, Ngabeyan, Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP Jur.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, M.Si
2. Dr. Rini Triastuti, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.