Penulis Utama : Dian Ahmad Pratama Bunayah Sudian
NIM / NIP : F0115024
×

Saat ini Indonesia sedang mengalami transisi demografi. Transisi demografi di Indonesia perlu diimbangi dengan kebijakan pemerintah agar dapat mendapatkan bonus demografi. Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPENAS) menanggapi adanya transisi demografi dengan membuat Visi Indonesia 2045. Health Policy Project membuat sebuah model untuk memproyeksi potensi bonus demografi suatu negara bernama model DemDiv. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran target kebijakan dan proyeksi bonus demografi di Indonesia dengan model DemDiv. 
Data diambil dari Health Policy Project (HPP), United States Agency International Development (USAID), Global Competitiveness Report dari weforum, Visi Indonesia 2045 oleh Badan Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), UNESCO UIS Database, dan Demographic and Health Survey. Metode yang digunakan adalah proyeksi model DemDiv yang dibuat oleh Health Policy Project (HPP) dan United States Agency International Development (USAID).
Hasil proyeksi memberikan empat luaran, yaitu: (1) PDB per kapita pada skenario base adalah sebesar 5.267 USD. (2) PDB per kapita pada skenario economy only adalah sebesar 22.345 USD. (3) PDB per kapita pada skenario economy + education adalah sebesar 26.048 USD. (4) PDB per kapita pada skenario economy + education + family planning adalah sebesar 28.592 USD. Masing-masing skenario didapatkan dari target perencanaan yang berbeda. Untuk mencapai bonus demografi yang maksimal maka pemerintah Indonesia perlu memperhatikan kebijakan-kebijakan antara lain, pendidikan dengan jenjang minimal sarjana (16 tahun), meningkatkan kesadaran kontrasepsi 80,1?ri total keluarga (74,7% untuk penggunaan kontrasepsi modern dan 5,4% kontrasepsi tradisional), serta peningkatan 1,45 dari skala 1-7 pada semua variabel ekonomi melalui perencanaan kebijakan.

Kata Kunci: Bonus Demografi, Proyeksi, Model DemDiv, Skenario, PDB per kapita

×
Penulis Utama : Dian Ahmad Pratama Bunayah Sudian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0115024
Tahun : 2019
Judul : Bonus Demografi Dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia: Proyeksi Dengan Model dan Data Demdiv
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0115024-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Nunung Sri Mulyani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.