Penulis Utama : Ahmad Rushanfichry
NIM / NIP : K4411004
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penerapan Kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Wonogiri, (2) Mendiskripsikan faktor pendukung dan hambatan penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Wonogiri.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif yang menekankan pada pembelajaran yang muncul saat penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan teknik analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneitian menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/Simpulan. Pengujian data dilakukan melalui teknik triangulasi yang terdiri atas teknik Triangulasi data dan Triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Wonogiri dengan menyusun RPP yang akan diajarkan dalam pembelajaran dengan mengacu pada Kurikulum 2013. RPP yang disusun guru meliputi : Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu dilaksanakan dengan cara menggunakan pendekatan saintifik yaitu pembelajaran yang mendorong siswa agar lebih mampu dalam mengamati (observing), menanya (questioning), mencoba (experimenting), menalar (associating) dan mengkomunikasikan (communicating) pembelajaran secara terpadu. (3) Penilaian pembelajaran yang dilaksanakan mencakup tiga ranah yaitu;pengetahuan, keterampilan dan sikap. (4) Kendala-kendala pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS Terpadu yaitu guru mengalami kendala dalam menyampaikan materi IPS yang bukan keahlian pada bidang keilmuannya, karena IPS di tingkat SMP/ MTs ini disampaikan secara terpadu meliputi sejarah, geografi, sosiologi, dan ekonomi.
Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pembelajaran IPS Terpadu

 

×
Penulis Utama : Ahmad Rushanfichry
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4411004
Tahun : 2017
Judul : Analisis kurikulum 2013 pada pembelajaran ips terpadu (studi kasus pembelajaran di SMP Negeri 1 Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Sejarah-K4411004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Leo Agung S., M.Pd.
2. Drs. Tri Yunianto, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.