Penulis Utama : Diyah Nurrahmawati
NIM / NIP : F1215025
×

Abstrak
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengujian hipotesis guna menguji: 1) reaksi pasar terhadap pengumuman penurunan harga BBM 1 April 2016 dengan adanya abnormal return dan trading volume activity, 2) perbedaan average abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman penurunan harga BBM 1 April 2016. Penelitian ini dilakukan pada saham-saham perusahaan yang tergolong sektor pertambangan dan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi di Bursa Efek Indonesia, diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria sampel dalam penelitian ini adalah saham perusahaan yang pada periode kejadian aktif dan tidak melakukan stock split, pembagian dividen, merger, ataupun right issues. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 17 sampel dari sektor pertambangan dan 24 sampel dari sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi. Return dari sampel-sampel tersebut kemudian diregresikan dengan return pasar dengan menggunakan market model.
Penelitian ini menggunakan pendekatan event study. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan adanya abnormal return yang signifikan pada kedua sektor, 2) tidak terdapat perbedaan average abnormal return (AAR) yang signifikan, namun terdapat perbedaan cummulative average abnormal return (CAAR) yang signifikan sebelum dan sesudah penurunan harga BBM 1 April 2016, terdapat perbedaan trading volume activity yang signifikan untuk sektor pertambangan, namun tidak terdapat perbedaan trading volume activity yang signifikan untuk sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi sebelum dan sesudah penurunan harga BBM 1 April 2016.
Studi ini memiliki beberapa keterbatasan seperti jumlah sektor yang diambil sebagai sampel. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan mampu melengkapi keterbatasan penelitian ini.

Kata kunci: Harga Minyak, kebijakan pemerintah, hipotesis pasar efisien, abnormal return, trading volume activity

 

×
Penulis Utama : Diyah Nurrahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1215025
Tahun : 2017
Judul : Analisis Penurunan Harga BBM 1 April 2016 terhadap Reaksi Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia (Studi pada Sektor Pertambangan dan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Manajemen Ekonomi dan Bisnis-F1215025-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Harmadi, M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.