Penulis Utama : M. Noval Riyadhoh
NIM / NIP : K4611069
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bolavoli melalui penerapan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelasXI IPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 15 siswa putra dan 14 siswa putri, Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian tindakan Kelas ini menggunakan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar passing bolavoli. Sesuai dengan silabus pembelajaran untuk SMA, materi passing bolavolisudah pernah diajarkan di kelas tersebut namun masih terdapat kendala yang dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran passing bolavoli hal ini mengakibatkan hasil belajarpassing bolavoli selama pembelajaran berlangsung masih menunjukan hasil yang kurang maksimal. Hasil analisis menunjukan bahwa melalui penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar passing bolavolidari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar passing bolavoli pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas mencapai 65.52 % atau sebanyak 19 siswa dari total 29 siswa. Peningkatan hasil belajar passing bolavolijuga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 86,21 %atau sebanyak 25 siswa yang tergolong kriteria Tuntas hasil belajar.Adapun 4 siswa lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar passing bolavolipada siswa kelas kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2015/2016.

Kata Kunci:Hasil Belajar, Passing Bolavoli, Gaya mengajar inklusi

 

×
Penulis Utama : M. Noval Riyadhoh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4611069
Tahun : 2017
Judul : Penerapan gaya mengajar inklusi untuk meningkatkan hasil belajar passing bolavoli pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-PendidikanJasmani Kesehatan Dan Rekreasi-K4611069-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
2. Djoko Nugroho, S.Pd, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.