Penulis Utama : Rina Anindita
NIM / NIP : K3115049
×

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe-2 kurikulum bimbingan  berbasis  standar  kompetensi  bidang  pribadi  peserta  didik  SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan kurikulum bimbingan berbasis standar kompetensi bidang pribadi peserta didik SMA ini adalah desain penelitian pendidikan (educational design research) yang mengacu pada model penelitian Plomp dan Nieveen (2013).
Prosedur yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan sampai tahap uji validitas ahli dan revisi produk, sedangkan untuk uji kepraktisan dan uji keefektifan direkomendasikan untuk dilakukan bagi peneliti selanjutnya. Kegiatan pengumpulan data dilaksanakan melalui pendekatan studi literatur dan memberikan angket uji validitas kepada subjek uji ahli yang berasal dari bimbingan dan konseling. Teknik analisis uji produk yang dipakai untuk mengolah hasil uji validitas ahli yaitu dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif dilaksanakan dengan cara menggabungkan masukan dan saran dari ahli yang dipilih peneliti, lalu digunakan sebagai dasar perbaikan produk. Sedangkan data yang diproses secara kuantitatif diolah menggunakan inter-rater agreement model.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan prototipe-2 kurikulum bimbingan berbasis standar kompetensi bidang pribadi peserta didik SMA dan (2) berdasarkan hasil analisis uji validitas ahli  yangdilakukan  oleh  dua  ahli  bimbingan  konseling  menunjukkan  bahwa indeks hasil uji ahli sebesar 1 (validitas tinggi). Berdasarkan hasil validasi produk yang telah dilakukan tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa  prototipe yang telah dikembangkan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga pengembangan prototipe-2 kurikulum bimbingan berbasis standar kompetensi bidang pribadi peserta didik SMA layak untuk digunakan dalam membantu guru BK memberikan layanan bidang pribadi bagi peserta didik di SMA.


Kata Kunci : Kurikulum Bimbingan,Standar Kompetensi, Bidang Pribadi

×
Penulis Utama : Rina Anindita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115049
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan kurikulum bimbingan berbasis standar kompetensi bidang pribadi peserta didik SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Bimbingan dan Konseling-K3115049 -2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rian Rokhmad Hidayat, S.Pd., M.Pd.,
2. Ma’rifatin Indah Kholili, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.