Penulis Utama : Rika Indra Sukmana
NIM / NIP : H0413038
×

ABSTRAK

Nawa Cita merupakan agenda prioritas Kabinet Kerja Pemerintah Indonesia periode 2015 – 2019 mengarahkan pembangunan pertanian ke depan untuk mewujudkan kedaulatan pangan, agar Indonesia dapat mengatur dan memenuhi kebutuhan pangan. Pada jaman sekarang sudah sedikit yang berminat untuk bekerja dalam sektor pertanian. Upah tenaga kerja juga semakin mahal. Kelangkaan dan mahalnya upah tenaga kerja menyebabkan pemerintah Indonesia membuat strategi untuk mencapai program swasembada pangan (padi, jagung dan kedelai) dengan cara memberikan bantuan alsintan secara cuma-cuma kepada banyak kelompok tani.Penggunaan alsintan dilaksanakan dalam suatu kawasan yang relatif luas (>5 hektar/lokasi) agar diperoleh sistem produksi yang efektif dan efisien dengan dukungan mekanisasi.
Kinerja UPJA Bagyo Mulyo yang telah menjadi percontohan Nasional lebih baik dibandingkan dengan UPJA yang lainnya yang ada di Sukoharjo seperti di Mojolaban. Kinerja UPJA ini diduga dipengaruhi oleh motivasi petani yang tinggi dalam bergabung dan menggunakan alsintan, manajemen UPJA yang telah dilaksakana dengan baik, kemampuan dan keterampilan petani mengenai alsintan dan dalam menggunakan alsintan, serta fasilitas yang telah disiapkan oleh UPJA untuk menunjang kegiatan petani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhfaktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) di Desa Dalangan Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo beradasarkan motivasi, manajemen, kemampuan dan ketrampilan, dan fasilitas UPJA. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif dengan teknik survei. Lokasi penelitian yaitu Desa Dalangan Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo, dengan mengambil 1 Unit UPJA yaitu UPJA Bagyo Mulyo. Teknik pengambilan sampel diambil secara stratiefed random samplingdimana stratanya berdasarkan pengurus dan anggota,untuk anggota yang dipilih 55 responden sedangkan pengurus diambil semua sejumlah 15 karena jumlahnya sedikit. Total sampelsebanyak 70 petani responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier gandadengan aplikasi program SPSS 22.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwafaktor-faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu motivasi petani UPJA dalam kategori tinggi, manajemen UPJA dalam kategori tinggi, kemampuan dan ketrampilan dalam kategori tinggi, dan fasilitas dalam kategori tinggi. Secara keseluruhan terdapat pengaruh antara motivasi, manajemen, kemampuan dan ketrampilan, fasilitas terhadap kinerja UPJA Bagyo Mulyo. Secara individumotivasi berpengaruh signifikan sebesar 0,005, manajemen berpengaruh signifikan sebesar 0,000, kemampuan dan ketrampilan berpengaruh signifikan sebesar 0,033 terhadap kinerja UPJA Bagyo Mulyo, pada taraf kepercayaan 95%, sedangkan untuk faktor fasilitas tidak terdapat berpengaruh signifikan sebesar 0,593.

 

×
Penulis Utama : Rika Indra Sukmana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0413038
Tahun : 2017
Judul : Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha pelayanan jasa alsintan menuju pertanian modern di kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Program Studi Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian (PKP)-H0413038-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suminah, M.Si selaku
2. Hanifah Ihsaniyati, S.P, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.